Senin, 24 April 2017

Plt Sekdaprov: Pencegahan Karhutla jadi perhatian utama

id Joko Imam Sentosa, karhutla, kebakaran hutan, lahan, kabut asap
Plt Sekdaprov: Pencegahan Karhutla jadi perhatian utama
Ilustrasi - Sejumlah Anggota Polres Ogan Ilir (OI) beruasaha memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Ogan Ilir (OI). (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/17)
Palembang (Antarasumsel.com) - Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Joko Imam Sentosa mengatakan, pencegahan kebakaran hutan dan lahan masih menjadi perhatian utama karena daerah ini pernah terjadi kebakaran hutan cukup dahsyat.

Sumsel pernah terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang besar sehingga menimbulkan kabut asap, kata Sekda Provinsi (Sekdaprov) Sumsel, Joko Imam Sentosa saat berbicara pada diskusi kemitraan pengelolaan Lansekap di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pihaknya masih mengutamakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan agar tidak terjadi lagi di wilayah Sumsel.

Memang, lanjut di, dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan itu tidak hanya menjadi tugas Pemerintah Provinsi Sumsel saja, tetapi juga keterkaitan elemen masyarakat.

Apalagi pada 2017 diperkirakan cuaca cukup panas dan lebih lama sehingga kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadi Karhutla sangat diutamakan.

Dia mengatakan, apalagi Sumatera Selatan akan menjadi tuan rumah agenda penting tingkat nasional dan internasional, seperti Asian Games 2018 serta pemilihan kepala daerah serentak baik bupati maupun gubernur.

Selain itu juga dalam waktu dekat ini akan diselenggarakan pertemuan para Menteri Lingkungan Hidup internasional sehingga hal tersebut harus disukseskan, ujar dia.

Dalam menyukseskan itu semua antara lain pencegahan kabut asap dengan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan supaya tidak terjadi, tambah dia.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga