KPU siap luncurkan aplikasi Siap Sumsel

id kpu, Komisi Pemilihan Umum, aplikasi pilkada Sumsel, Siap Sumsel, Alfik Mirza, perhitungan cepat pilkada

KPU siap luncurkan aplikasi Siap Sumsel

Komisi Pemilihan Umum (Antarasumsel.com/Grafis/Ang)

Palembang (Antarasumsel.com) - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan siap meluncurkan sistem informasi aplikasi pilkada Sumsel atau disingkat "Siap Sumsel" dalam menyongsong pilkada serentak 2018.

Sistem aplikasi ini berbasis web programing, memiliki antar muka yang kompatibel dengan tampilan android dan menggunakan sms gateway, kata tim IT KPU Sumsel, Alfik Mirza dalam paparannya dihadapan pleno komisioner KPU Sumatera Selatan di Palembang, Selasa.

Menurut dia, tampilan Siap Sumsel yang akan segera diluncurkan menjelang pilkada gubernur/wakil Gubernur Sumsel 2018 ini dengan berbagai fasilitas bisa segera diakses masyarakat diantaranya proses perhitungan cepat pilkada serentak 2018.

Masyarakat juga bisa melihat input form C 1 yang dikirim oleh jajaran KPU terhadap hasil pemungutan suara pada harinya.

Ia mengatakan, dalam ujicoba yang dilaksanakan ditampilkan proses hitung cepatnya dari masing-masing petugas di lapangan.

Ketua KPU Sumsel H Aspahani menyatakan, berharap program ini bisa menjadi pembanding walaupun scan C 1 yang dilaksanakan KPU dan jajaranya menjadi salah satu bukti transparansi yang dilaksanakan KPU Provinsi Sumsel.

Sementara Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Sumsel, Ahmad Naafi menyampaikan, akan segera menyosialisasikan aplikasi ini kepada 17 KPU kabupaten/kota di Sumsel.

Ia menjelaskan, selain aplikasi perhitungan suara pilkada juga terdapat informasi berita yang membedakanya dengan aplikasi di provinsi lain.

Mengenai peluncuranya nanti ia menyatakan, setelah disosialisasikan direncanakan diluncurkan mendekati tahapan Pilkada September 2018.

"Kami masih mengkoneksikan dengan program aplikasi di KPU RI semoga aplikasi ini bisa bermanfaat dan tidak disalahgunakan," katanya.