Kamis, 27 April 2017

Lin Dan pastikan diri menuju kejuaraan Dunia

id Lin Dan, China Masters , Bulu Tangkis, Kejuaraan Dunia, Glasgow, Federasi Bulu Tangkis Dunia, bwf
Lin Dan pastikan diri menuju kejuaraan Dunia
Lin Dan (ANTARA/Saptono)
Jakarta (Antarasumsel.com) - Lin Dan membuat langkah besar pada hari Kamis ini dengan berhasil menuju ke babak kualifikasi Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017 di Glasgow, dengan menembus perempat final turnamen China Masters 2017.

Berdasarkan laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Kamis, pemain China saat ini berada di urutan 10 peringkat menuju Glasgow. Juara dunia lima kali tersebut berada di belakang tiga pemain rekan senegara, Shi Yuqi (5), Chen Long (7) dan Tian Houwei (8).

Akan tetapi, lolosnya Lin ke perempat final China Masters hari ini telah memberikan cukup poin baginya untuk melampaui setidaknya salah satu dari mereka saat daftar peringkat diperbaharui Kamis (27/4) yang akan digunakan untuk memastikan siapa yang berhak bertanding di babak kualifikasi Kejuaraan Dunia.

Satu anggota BWF bisa saja menempatkan empat pemainnya dalam satu kategori jika keempatnya berada di peringkat delapan teratas, atau tiga jika mereka di peringkat 24 besar.

Lin saat ini memiliki 55.554 poin, lebih sedikit 3.232 poin di belakang Tian Houwei, 3.496 poin di belakang Chen Long dan 8.825 poin di belakang Shi Yuqi. Namun, Tian bermain di China Masters, namun Shi Yuqi dan Chen Long tidak ikut serta.

Lin dan Tian berada di perempat final China Masters, sehingga setidaknya mereka mendapat tambahan 3.850 poin, yang akan membantu Lin menyalip Chen namun masih berjarak 14 poin dengan Tian (penghitungan poin didasarkan pada sepuluh penampilan terbaik sejak awal periode kualifikasi).

Jika Tian memenangkan pertandingan berikutnya untuk memasuki semifinal, dia juga akan menyusul Chen. Jika itu terwujud, juara dunia dua kali itu mungkin absen pada babak kualifikasi.

Namun, harus dicatat bahwa kepastian dari peserta (dengan asumsi mereka telah memenuhi kriteria lain) adalah hak prerogatif dari masing-masing anggota BWF, dalam hal ini Asosiasi Bulutangkis China.

Skenario terbaik untuk China adalah bahwa keempat pebulu tangkis China tersebut lolos kualifikasi karena berada di peringkat delapan teratas Menuju Glasgow.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga