Roma rekrut mantan direktur Sevilla Monci

id Ramon Rodriguez, Monchi, AS Roma, Sevilla, direktur olahraga, rekrut pelatih

Roma rekrut mantan direktur Sevilla Monci

Ramon Rodriguez "Monchi" (Antarasumsel.com/Reuters)

Roma (Antara/Reuters) - AS Roma telah menunjuk Ramon Rodriguez "Monchi," yang dikenal luas sebagai arsitek kesuksesan terkini Sevilla, sebagai direktur olahraga mereka, kata pihak klub pada Senin.

Monchi menghabiskan 17 tahun pada peran yang sama di Sevilla, dengan sembilan dari 13 trofi sepanjang sejarah 127 tahun klub didapat pada fase tersebut, termasuk tiga gelar Liga Europa secara beruntun. Sevilla juga memenangi turnamen pendahulu Liga Europa -- Piala UEFA -- sebanyak dua kali.

Mantan kiper itu dikenal dapat mendatangkan pemain-pemain bertalenta dengan dana terbatas, menarik pemain-pemain seperti Dani Alves, Ivan Rakitic, Julio Baptista, Grzegorz Krychowiak, dan Kevin Gameiro dan kemudian menjual mereka dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Catatan Monchi tersebut membuat dirinya diincar sejumlah klub Eropa sejak ia meninggalkan Sevilla pada Maret.

"Saya tidak dapat lebih gembira lagi dengan penunjukan ini, di mana Monchi dikenal sebagai salah satu pemikir terbaik di dunia sepak bola," kata presiden Roma James Pallotta.

Monchi menghabiskan seluruh karier bermainnya bersama Sevilla, menjalani sistem akademi klub sebelum kemudian menjadi anggota skuad tim pertama dari 1990 sampai 1999. Ia menjadi direktur olahraga setahun setelah pensiun.

"Ini adalah proyek yang menarik dan saya tidak sabar untuk melayani para penggemar, staf, dan pemain di klub ikonik ini untuk tahun-tahun mendatang," kata Monchi.  
AS Roma menjadi klub Liga Italia pertama yang dimiliki oleh pihak asing pada 2011, setelah grup AS yang dipimpin pengusaha Boston Thomas DiBenedetto menyelesaikan proses pengambilalihan.

Roma belum pernah memenangi trofi utama di bawah para pemilik baru, meski mereka dua kali menjadi runner up Liga Italia di bawah Juventus dalam empat tahun terakhir.(H-RF)