Harlah NU Sumsel gelar apel 1.000 banser

id nu, banser nu

Harlah NU Sumsel gelar apel 1.000 banser

1000 Banser amankan apel akbar peringatan Harlah NU (Antarasumsel.com/Susilawati/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - PWNU Sumatera Selatan memperingati hari lahir NU ke-94 dengan melaksanakan sejumlah kegiatan yang puncaknya menggelar apel akbar 1.000 banser di Kota Palembang pada 26 April 2017.

"Kebetulan tahun ini jatuh di bulan April sehingga rentetan agenda yang diselenggarakan oleh banom dan lembaga NU difokuskan di bulan ini," kata Ketua Panitia Akbar Harlah NU Sumsel, Hernoe Roesprijadji di Palembang, Selasa.

Menurut dia, kegiatan itu antara lain pelaksanaan Isra Miraj oleh jamiyah tariqah annahdiyah (Jatman), Makesta Raya IPNU, Madrasah Kader (MKNU) dan apel seribu banser serta kegiatan lainnya.

"Puncaknya akan digelar apel akbar 1.000 banser," katanya.

Sebelum apel nanti akan digelar parade dengan berjalan kaki sekaligus operasi semut dari DPRD Sumsel menuju Griya Agung oleh 1.000 banser, OKP dan santri se-Sumsel dengan diiringi marcing band.

"Apel nanti akan dilepas oleh Ketua DPRD Sumsel dan disambut oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin dan Menpora, Imam Nahrawi," ujarnya.

Hernoe yang juga wakil Ketua PWNU Sumsel ini mengatakan, apel yang akan dilaksanakan pada Rabu (26/4) ini menegaskan bahwa banser dan ansor NU Sumsel setia terhadap NKRI sebagai harga mati dan mengingatkan kepada kelompok yang anti NKRI dan Pancasila jangan mencoba memantik stabilitas keamanan dan kenyamanan Sumsel dengan ingin mendirikan khilafah.

"Dalam apel nanti juga akan digelar deklarasi keluarga besar NU Sumsel, khususnya GP Ansor dan banser siap mensukseskan Asian Games 2018 di Palembang," ujarnya.

Sementara Ketua SC Apel 1.000 Banser, Nurul Mubarok menyatakan, dalam kegiatan yang juga memperingati Harlah GP Ansor ke-83 ini juga bakal memberikan penghargaan kepada tokoh masyarakat Sumsel sudah berjasa terhadap pengkaderan Ansor.

Selain parade dan apel, pada malam harinya akan digelar pelantikan PWGP Ansor Sumsel di Griya Agung. Pada pelantikan ini akan dideklarasikan barisan ansor anti narkoba (Baanar) juga sekaligus MoU bersama BNN Sumsel dalam mencegah dan memberantas peredaran narkoba di Sumsel, katanya