Jumat, 20 Oktober 2017

Kemenag Sumsel siapkan 350 cadangan calon haji

id haji, umrah, kabah, Masjidil Haram, Makkah, Kementerian Agama, Kanwil Kementerian Agama, Saefudin Latief
Kemenag Sumsel siapkan 350 cadangan calon haji
Ilustrasi jamaah calon haji . (ANTARA FOTO/Feny Selly/)
Palembang (Antarasumsel.com) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan menyiapkan 350 calon jamaah haji untuk diberangkatkan pada 2017.

Pihaknya telah menyiapkan calon jamaah untuk menggantikan yang berhalangan dalam menunaikan rukun Islam kelima mendatang, kata Kasubag Humas Kanwil Kementerian Agama Sumsel Saefudin Latief di Palembang, Rabu.

Dia mengatakan, penyiapan calon jamaah haji itu penting karena pada umumnya yang mendapatkan jatah ada yang berhalangan berangkat.

Memang, setiap tahun pihaknya menyiapkan cadangan calon jamaah haji, namun dia tidak merinci jumlah tahun sebelumnya.

Bahkan, lanjut dia, calon jamaah haji cadangan tersebut ada yang telah mempersiapkan diri seperti melunasi biaya perjalanan ibadah haji.

Menurut dia, pada tahun ini Sumsel mendapatkan tambahan untuk pemberangkatan calon jemaah haji.

Sebelumnya Sumsel mendapat jatah 6.300 orang tetapi karena ada pemotongan beberapa tahun terakhir ini hanya diberangkatkan 5.040 jamaah.

Dia mengatakan, sementara untuk tahun ini kembali normal bahkan ada penambahan yang jumlah seluruhnya menjadi 6.988.

Jamaah calon haji itu akan diberangkatkan ke-tanah suci akhir Juli 2017 yang nantinya mereka akan masuk asrama terlebih dahulu sehari sebelum berangkat, ujar dia.

Selain jamaah Sumsel juga akan diberangkatkan dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang calon haji Bangka Belitung karena daerah ini sudah menjadi embarkasi, kata dia.

Pemberangkatan dan pemulangan calon dan haji itu diharapkan berjalan lancar sekaligu mereka nantinya menjadi haji mabrur, tambah dia.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga