IPB buka penerimaan mahasiswa baru Hafiz Alquran

id ipb, Institut Pertanian Bogor, penerimaan mahasiswa baru, hafiz Alquran, Rektor IPB, Prof Yonny Koesmaryono

IPB buka penerimaan mahasiswa baru Hafiz Alquran

Ilustrasi- Membaca Alquran . (ANTARA/Septianda Perdana/Ang)

Bogor (Antarasumsel.com) - Institut Pertanian Bogor (IPB) membuka jalur khusus penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2017-2018 melalui jalur Prestasi Intenasional dan Nasional atau PIN untuk calon mahasiswa penghafal atau hafiz Alquran.

"Secara khusus IPB menerima Hafiz Alquran melalui jalur seleksi PIN," kata Wakil Rektor IPB bidang Akademik Prof Yonny Koesmaryono, di Bogor, Rabu.

Yonny menjelaskan, ada beberapa jalur seleksi untuk masuk IPB mulai dari SBMPTN, SNMPTN, dan seleksi mandiri yang terdiri dari bibit unggul daerah (BUD), prestasi internasional dan nasional (PIN), ujian talenta masuk IPB (UTMI). Total daya tampung IPB sebanyak 3.400 mahasiswa baru, masing-masing jalur seleksi memiliki kuotanya masing-masing.

"Kuota terbesar untuk jalur SNMPTN yakni 50 sampai 60 persen, 30 persen untuk SBMPTN dan sisanya untuk seleksi mandiri," katanya.

Ia menyebutkan, sampai dengan saat ini jumlah pendaftaran SNMPTN ke IPB mencapai 16.193 pelamar. Yang diterima dari jalur tersebut sekitar 50 sampai 60 persen dari daya tampung IPB. Untuk jalur SBMPTN, IPB menetapkan kuota sebesar 30 persen dari daya tampungnya.

Untuk jalur PIN Hafiz Alquran, calon pendaftar harus mengikuti prosedur penerimaan mahasiswa baru yang berlaku di IPB. Bagi calon mahasiswa yang halaf 30 juz akan diapresiasi dengan nilai tambahan setara prestasi olimpiade tingkat internasional.

"Sedangkan untuk yang hafal minimal 15 juz sampai 29 juz akan diapresiasi setara prestasi olimpiade tingkat nasional," katanya.
    
Menurut Yonny, calon mahasiswa yang melamar masuk IPB melalui jalur khusus tersebut harus menunjukkan bukti yang sah sebagai Hafiz Alquran dari lembaga terpercaya dan bersedia diverifikasi hafalannya.

"Program ini berlaku untuk semua program studi di IPB," kata Yonny.

Jalur PIN IPB telah diselenggarakan sejak tahun 1974 dengan nama Jalur Finalis Lomba Karya Tulis. Pada tahun 2000, namanya berubah menjadi jalur PIN seperti yang dikenal saat ini. Jalur ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA berprestasi luar biasa dalam kegiatan ekstrakurikuler, termasuk di dalamnya adalah Hafiz Alquran.

"Untuk menimba ilmu di IPB agar sikap, perilaku dan pengetahuannya dapat berkembang optimal," kata Yonny.

Yonny berharap lulusan SMA penghafal Alquran dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, pendaftaran seleksi jalur PIN IPB yang akan dibuka setelah seleksi SBMPTN dilaksanakan.