Sekdaprov Sumsel minta Pemkab jaga stabilitas harga

id sembako, stabilitas harga sembako

Sekdaprov Sumsel minta Pemkab jaga stabilitas harga

Perdagangan sembako (FOTO ANTARA)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Pemprov Sumatera Selatan, Joko Imam Sentosa minta pemerintah kabupaten/kota untuk menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok supaya tidak terjadi inflasi.

Kenaikan harga barang kebutuhan pokok akan berpengaruh terhadap inflasi sehingga stabilitasnya harus selalu dipantau, kata Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi (Sekdaprov) Sumsel, Joko Imam Sentosa di Palembang, Kamis.

Dikatakannya, kenaikan harga barang kebutuhan pokok di pasaran harus diantisipasi sehingga inflasi tidak terjadi.

Bila ada kenaikan harga dalam batas kewajaran maka perlu diantisipasi seperti penambahan stok barang, serta melakukan pasar murah.

Sekdaprov juga minta tim pengendali inflasi daerah turun ke lapangan terutama di kabupaten dan kota.

Selain itu melaksanakan koordinasi karena anggota tim itu terdiri atas berbagai dinas terkait, seperti Dinas Pertanian dan Dinas Perdagangan termasuk Bulog.

Kesemuanya itu dilakukan dalam upaya mengantisipasi agar tidak terjadi kenaikan harga barang kebutuhan pokok yang akan berdampak terhadap inflasi.

Menurut dia, menjelang bulan puasa dan mendekati Idul Fitri biasanya harga barang kebutuhan pokok akan naik dan itu harus diantisipasi bersama.

Sebelumnya Kepala Dinas Perdagangan Sumsel Agus Yudiantoro mengatakan, pihaknya akan memantau pasar yang ada di daerah ini.

Selain itu juga berkoordinasi dengan produsen kebutuhan pokok untuk mengantisipasi kenaikan harga, tambah dia.