Dinsos Sumsel siapkan bantuan tanggap darurat

id Dinas Sosial, tanggap darurat, bencana alam, masalah sosial, Belman Karmuda, bencana banjir, tanah longsor, puting beliung

Dinsos Sumsel siapkan bantuan tanggap darurat

Ilustrasi - bantuan korban banjir (ANTARA)

Palembang  (Antarasumsel.com) - Dinas Sosial Sumatera Selatan menyiapkan bantuan tanggap darurat untuk mengantisipasi terjadinya masalah sosial dampak bencana yang kemungkinan timbul pada pancaroba sekarang ini.

"Bantuan tanggap darurat yang disiapkan itu, antara lain dalam bentuk bahan makanan dan dana rehabilitasi rumah yang mengalami kerusakan berat akibat bencana," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Belman Karmuda di Palembang, Jumat.

Ia mengatakan pada pancaroba atau peralihan dari musim hujan ke kemarau sekarang ini, hujan disertai angin kencang masih sering terjadi di beberapa daerah di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu.

Kondisi tersebut perlu diantisipasi karena berpotensi terjadinya bencana banjir, tanah longsor, dan langkisau atau puting beliung.

Jika masyarakat mengalami bencana alam tersebut, katanya, akan diberikan bantuan tanggap darurat sehingga dapat dicegah timbulnya masalah sosial, seperti rawan pangan dan tidak mampu memperbaiki rumah mereka yang rusak.

"Tidak semua korban bencana alam diberikan bantuan tanggap darurat, bantuan ini sifatnya sebagai perlindungan sosial kepada masyarakat yang benar-benar layak menerimanya," ujarnya

Dia menjelaskan beberapa daerah berpotensi bencana tanah longsor yang menjadi pusat perhatian, seperti Kabupaten Lahat, Empat Lawang, dan Kota Pagaralam, mengingat daerah tersebut berada di dataran tinggi.

Daerah yang kemungkinan berpotensi banjir, di kawasan dataran rendah, seperti Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Ogan Ilir, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Masyarakat di daerah tersebut diimbau meningkatkan kewaspadaan dari ancaman bencana itu sehingga diharapkan permasalahan sosial akibat dampak bencana dapat dihindari atau paling tidak bisa diminimalkan, kata Belman.