Pemprov Sumsel rehabilitasi perairan umum

id danau, waduk, rawa, perairan umum, rehabilitasi lingkungan, jenis ikan, hewan, Alex Noerdin

Pemprov Sumsel rehabilitasi perairan umum

Ilustrasi Danau. (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan secara bertahap melakukan rehabilitasi lingkungan perairan umum untuk menjaga tetap berfungsi dengan baik dan menjadi tempat hidup aneka jenis ikan, hewan, dan tumbuhan air tawar lainnya.

"Perairan umum seperti danau, waduk, rawa, dan sungai di provinsi ini perlu dijaga kelestariannya, sehingga dapat berfungsi dengan baik serta bermanfaat secara ekonomi bagi masyarakat," kata Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, salah satu upaya untuk merehabilitasi lingkungan perairan umum, pihaknya akan menggalakkan kegiatan penebaran benih ikan atau restocking yang telah berjalan dengan baik dalam beberapa tahun terakhir.

Penebaran benih ikan di sejumlah tempat di Kota Palembang dan beberapa daerah lainnya di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota ini, akan lebih digalakkan dengan jenis ikan yang lebih bervariasi dan sesuai kondisi lingkungan masing-masing daerah, katanya lagi.

Dia menjelaskan, Pemprov Sumsel melalui Dinas Kelautan dan Perikanan terus berupaya melakukan penebaran benih ikan pada sejumlah tempat dengan memilih jenis ikan yang tergolong langka seperti ikan jelawat dan grass carp.

Pemilihan benih ikan yang akan ditebar di perairan umum dengan jenis yang tergolong langka dilakukan untuk mencegah terjadi kepunahan, sehingga dapat terus dinikmati masyarakat sepanjang masa melalui proses alami, katanya.

Menurut dia, beberapoa waktu lalu kegiatan penebaran benih ikan dilakukan di danau tempat pertandingan olahraga ski air kawasan kompleks olahraga "Jakabaring Sport City" serta beberapa tempat lainnya di Kota Palembang dan daerah Sumsel lainnya.

Upaya untuk menggalakkan rehabilitasi lingkungan perairan umum itu, pihaknya akan mendorong Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi setempat melakukan pendataan daerah mana saja yang perlu menjadi sasaran kegiatan tersebut, kata Alex Noerdin pula.