Selasa, 23 Mei 2017

Menguji Xiaomi Redmi Note 4

id Xiaomi, hp, android, Redmi Note 4, buatan china, pasar Indonesia, Smartphone, Desain hp
Menguji Xiaomi Redmi Note 4
Xiaomi Redmi Note 4 (ANTARA/Try Reza Essra/Ang)
Jakarta (Antarasumsel.com) - Setelah diperkenalkan di China akhir tahun lalu, Xiaomi akhirnya meluncurkan Redmi Note 4 di pasar Indonesia pada awal April silam.

Dibanderol dengan harga Rp2,4 juta, smartphone ini mengusung berbagai fitur yang terbilang premium, antara lain baterai besar 4.000mAh, Snapdragon 625, layar jernih serta pemindai sidik jari.

Smartphone berbalut logam ini juga dibekali RAM berkapasitas 3 GB dan memori internal 32 GB. Terdapat pula versi premium dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

Berikut pengalaman singkat Antara News mencoba Xiaomi Redmi Note 4:

Desain

Dari segi desain, bodi bagian belakang smartphone dibaluti material logam yang menampilkan kesan kokoh dan mewah, khususnya untuk pilihan warna gold yang dijajal Antara News.

Pemindai sidik jari dapat dijangkau dengan mudah terutama dengan jari telunjuk untuk membuka ponsel tanpa harus menekan tombol daya di bagian samping.

Di bagian kanan smartphone terdapat tombol daya dan volume, sementara di tepi kiri sama sekali tak ada tombol, hanya sebuah slot hybrid untuk memasang dua kartu SIM ukuran micro atau satu kartu SIM dan satu memori microSD.

Naik ke bagian atas, pengguna akan menemukan port audio 3,5 milimeter dan sensor cahaya eksternal. Bagian belakang tertanam kamera, lampu kilat, serta pemindai sidik jari.


Bagian bawah ada colokan USB serta speaker dan mikrofon. Sedangkan untuk navigasi, disediakan tombol soft button di bagian bawah layar.

Namun bodi bagian belakang cenderung licin sehingga penggunaan casing disarankan agar dapat digenggam lebih nyaman.

Software dan performa

Xiaomi Redmi Note 4 menjalankan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow sejak dalam paket penjualannya, yang dibalut dengan MIUI 8.2.2.0 (MCFMIDL).

MIUI versi terbaru ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat dua profil berbeda dalam satu ponsel dengan Second Space.

Password atau sidik jari yang berbeda juga bisa diterapkan untuk mengakses tiap profil, masing-masing dengan wallpaper, aplikasi, file dan foto-foto yang berbeda.

Fitur ini ideal untuk pengguna yang ingin memisahkan dunia kerja dengan kehidupan sehari-hari, termasuk penggunaan dua akun berbeda untuk berbagai aplikasi seperti WhatsApp, Line, Facebook, atau Instagram.

Smartphone ini telah ditanami berbagai aplikasi bawaan Google yang berjumlah 11 buah antara lain Gmail, Chrome dan Voice Search, selain aplikasi milik Xiaomi seperti Mi Remote dan MIUI Forum.

Smartphone ini memang tidak menunjukkan performa luar biasa, tetapi selama Antara News mengujinya dengan menjalankan berbagai aplikasi dan permainan, Redmi Note 4 tidak mengalami kendala apapun.

Pemrosesan aplikasi terbilang lancar dan tidak pernah terjadi lag atau berhenti tiba-tiba. Begitu juga dengan permainan berat, mulus dan tak ada masalah.

Kamera

Untuk menangkap gambar, Xiaomi membekalinya dengan kamera CMOS 13 megapiksel dengan backside illumination (BSI) dan piksel besar, guna menghasilkan foto-foto yang tajam, jernih dan terang.

Redmi Note 4 juga dilengkapi fokus berkecepatan 0.1 detik Phase Detection Autofocus (PDAF) yang membantu mengabadikan obyek bergerak. Suara klik akan muncul jika kamera menemukan fokusnya.

Warna yang dihasilkan cukup baik yang terlihat kontras dan bisa menghasilkan bokeh untuk memeperlihatkan kedalaman ruang dalam sebuah foto.

Selain itu Redmi Note 4 juga dilengkapi sembilan mode pemotretan yaitu Panorama, Timer, Audio, Manual, Straighten, Beautify, HHT, Scene dan Tilt-Shift.

Beranjak ke kamera depan, ponsel ini mengandalkan kamera 5 megapiksel yang mempunyai 17 filter real-time serta Beautify yang memiliki mode Smart dan Pro untuk mengontrol bentuk wajah dan warna kulit yang dihasilkan.

Sama seperti produk-produk sebelumnya, Xiaomi juga menyertakan fitur built-in face recognition yang otomatis mendeteksi umur dan jenis gender.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga