ILO puji komitmen Indonesia ciptakan kerja layak

id buruh, organisasi Buruh Internasional, pbb, pekerjaaan layak, Guy Ryder, indonesia, Deklarasi Bali

ILO puji komitmen Indonesia ciptakan kerja layak

Ilustrasi Demo Ribuan buruh . (Antarasumsel.com/Feny Selly)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Direktur Jenderal ILO Guy Ryder Organisasi Buruh Internasional (ILO) memuji komitmen pemerintah Indonesia untuk menciptakan pekerjaan-pekerjaaan yang layak.  
"Indonesia merupakan negara yang memiliki peran penting dalam terwujudnya tujuan pembangunan berkelanjutan di kawasan, khususnya untuk penciptaan kerja layak," katanya, saat bertemu Wakil Tetap RI di Jenewa Duta Besar Hasan Kleib, demikian keterangan tertulis Kantor Perwakilan Tetap RI di Jenewa, yang diterima di Jakarta, Senin.

"ILO sangat mengapresiasi peran strategis Indonesia di kawasan serta komitmen pemerintah RI dalam mewujudkan tercapainya kerja layak," ujar Guy Ryder.

Salah satu wujud keberhasilan kerja sama Indonesia-ILO adalah pelaksanaan pertemuan  ke-16 regional ILO untuk kawasan Asia-Pasifik di Bali, pada 6-9 Desember 2016.

Pertemuan tersebut menghasilkan Deklarasi Bali yang saat ini menjadi rujukan bagi pelaksanaan program dan kegiatan ILO mewujudkan kerja layak di negara-negara kawasan Asia-Pasifik.

"ILO sering melibatkan Pemerintah RI dalam pembahasan penyusunan standar internasional kerja layak di berbagai sektor yang selanjutnya menjadi rujukan penyusunan kebijakan tenaga kerja bagi negara-negara di tingkat nasional," ungkap Dubes Hasan Kleib.

Dia menekankan pelibatan Indonesia oleh ILO itu merupakan pengakuan terhadap kuatnya komitmen dan peran pemerintah RI terhadap terciptanya kerja layak, baik di tingkat nasional, regional maupun global.

Indonesia tercatat sebagai salah satu negara yang berperan dalam penyusunan panduan kerja layak di sektor pariwisata dan perhotelan di tingkat global.

ILO juga telah mengindikasikan akan melibatkan Indonesia dalam penyusunan panduan kerja layak di zona ekspor yang akan dibahas pada akhir 2017.

Saat ini Indonesia menjabat  salah satu anggota deputi dari "Governing Body" (GB) ILO yang memiliki mandat untuk membahas dan menyusun berbagai program dan kegiatan ILO.