Microsoft perkenalkan laptop baru dengan sistem operasional baru

id Microsoft, laptop, windows, Surface Laptop, perangkat keras, perangkat lunak, PC baru, Intel Corporation

Microsoft perkenalkan laptop baru dengan sistem operasional baru

Ilustrasi: Acara Windows 10 Anniversary Update, mengungkap berbagai pembaruan yang ada di dalam Windows 10 digelar di Jakarta, Jumat (19/8/2016). (ANTARA/ Arindra Meodia)

San Francisco (Antara/Xinhua) - Microsoft Corporation meluncurkan sebuah perangkat keras komputer pribadi (PC) baru bersama dengan perangkat lunak sistem operasi baru yang sedikit berbeda dengan versi Windows sebelumnya.

PC baru, yang dikenal sebagai Surface Laptop, upaya-upaya lanjutan oleh raksasa teknologi tersebut, yang pernah membanggakan diri sebagai penerbit perangkat lunak terbesar, untuk memperbesar pasar, baik di bidang perangkat keras maupun perangkat lunak.

Perusahaan yang berkantor pusat di Redmond, negara bagian Washington, di barat laut AS, mengklaim pada sebuah acara di New York City bahwa PC baru tersebut lebih tipis, lebih ringan dan lebih cepat, dengan daya tahan baterai lebih baik, kualitas tampilan, penyimpanan dan portabilitas, serta tersedia untuk pra-order mulai Selasa (2/5).

Dengan berat 2,76 pound atau 1,25 kilogram, dan 14,47 milimeter pada titik paling tebal, laptop ini hadir dengan layar 13,5 inci dan unit pemrosesan sentral (CPU) generasi terbaru dari Intel Corporation.

Konfigurasi tersebut, kata Microsoft, adalah apa yang diminta oleh para mahasiswa.

Sistem operasi baru yang telah terinstal, dikenal sebagai Windows 10 S, adalah konfigurasi Windows 10 Pro yang spesifik yang menawarkan pengalaman akrab yang disederhanakan untuk keamanan dan kinerja.

Namun, Microsoft mengatakan, sistem baru ini secara eksklusif menjalankan aplikasi-aplikasi, atau aplikasi, dari Windows Store online dan menggunakan Microsoft Edge sebagai browser web default-nya.

Dikatakan, hal itu terinspirasi oleh para siswa dan guru dan merupakan "Windows terbaik yang pernah ada untuk sekolah-sekolah," perusahaan berpendapat bahwa Windows 10 S "sangat ideal untuk orang-orang yang memiliki semua yang mereka butuhkan di Windows Store dan lebih menyukai ketenangan pikiran yang datang dengan menghapus risiko mengunduh aplikasi dari tempat lain."
(UU.A026)