Pertamina tambah pasokan elpiji jelang Ramadhan

id Pertamina, gas elpiji, 3 kg, bulan Ramadhan, jelang puasa, M Roby Hervindo, penambahan kuota gas

Pertamina tambah pasokan elpiji jelang Ramadhan

Ilustrasi- Kosumen mengantri membeli gas 3Kg. (Antarasumsel.com/Susi/Ang/17)

Palembang (Antarasumsle.com) - Pertamina menambah pasokan gas elpiji tabung isi tiga kilogram di Ogan Komering Ulu Timur dan OKU Selatan menjelang puasa Ramadhan dan lebaran.

Pertamina melakukan langkah-langkah guna memastikan stok elpiji tiga kilogram di masyarakat aman antara lain menambah pasokan dan melakukan operasi pasar, kata Area Manager Communication and Relations Sumbagsel, M Roby Hervindo di Palembang, Rabu.

Menurut dia, Pertamina telah melakukan penambahan suplai elpiji tiga kilogram sebanyak 10 persen menjadi 12.650 tabung/hari di OKU Timur dan 6.325 tabung/hari di OKU Selatan.

Penambahan pasokan dilakukan hingga H plus tujuh lebaran Idul Fitri 2017, dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat.

Roby mengatakan, penyaluran elpiji tiga kilogram pada Januari-April 2017 sesuai dengan alokasi yang telah ditetapkan tanpa ada pengurangan.

Pada periode tersebut realisasi konsumsi elpiji tiga kilogram di OKU Timur sebanyak 11.500 tabung/hari dan OKU Selatan 5.750 tabung/hari.

"Kami menyadari adanya peningkatan konsumsi elpiji menjelang bulan Ramadhan di daerah OKU Timur dan OKU Selatan. Pertamina sudah melakukan langkah antisipatif dengan menambah pasokan elpiji secara fakultatif hingga 10 persen di kedua daerah tersebut," ujarnya.

Untuk memenuhi ketersedian elpiji tiga kilogram di masyarakat, lanjutnya, Pertamina juga sudah melakukan operasi pasar di Martapura, OKU Timur dan Muara Dua, OKU Selatan.

"Operasi pasar kami lakukan guna memastikan masyarakat pengguna langsung dapat memenuhi kebutuhannya dengan harga eceran tertinggi (HET) sesuai yang ditetapkan. Respon masyarakat juga positif dengan operasi ini, elpiji habis dibeli," tuturnya.

Pertamina mengimbau agar masyarakat membeli elpiji di agen dan pangkalan resmi sehingga sesuai dengan HET yang telah ditetapkan Pemerintah daerah setempat.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Pertamina juga telah menyediakan produk elpiji dengan fitur keamanan ganda yaitu bright gas 5.5 kilogram kehadiran produk ini juga telah menunjukan tren yang positif.

Sejak peluncurannya, bright gas 5.5 kilogram mendapat respon positif dari masyarakat. Ini dibuktikan dengan terus meningkatnya konsumsi bright gas pada Januari -April 2017 sebesar 68 persen.

Bright gas memiliki keunggulan karena dilengkapi dua katup pelindung, sehingga diterima dengan baik oleh masyarakat, katanya.