Gol Rashford bawa United menang 1-0 atas Celta

id Manchester United, Marcus Rashford, Anderlecht, Old Trafford, Zlatan Ibrahimovic, Marcos Rojo, Jose Mourinho

Gol Rashford bawa United menang 1-0 atas Celta

Pemain Mu Marcus Rashford (tengah), Rooney dan ibra (Ist)

Madrid (Antara/Reuters) - Penyerang Manchester United Marcus Rashford mencetak gol melalui tendangan bebas pada babak kedua untuk mengamankan kemenangan 1-0 di markas Celta Vigo pada semifinal leg pertama Liga Europa pada Kamis.

Kemenangan ini membawa United berada di jalur untuk ke final bulan ini, di mana Ajax Amsterdam menjadi kandidat utama lawan mereka setelah menang 4-1 atas Olympique Lyonnais pada leg pertama mereka yang berlangsung pada Rabu.

Sampai gol itu tercipta, penyelesaian United begitu buruk di mana kiper Celta Sergio Alvarez beberapa kali menggagalkan peluang mereka. Bagaimanapun, ia tidak berdaya untuk menghentikan tendangan bebas Rashford pada menit ke-67.

Tim Spanyol itu berada di wilayah yang masih asing bagi mereka menjelang pertandingan ini, mencapai fase ini di kompetisi untuk pertama kalinya, sedangkan United hanya menang dua kali dalam 22 lawatannya ke Spanyol.

Tim tamu memiliki peluang-peluang terbaiknya pada fase awal pertandingan, di mana tim Galicia itu mencatatkan umpan silang untuk Daniel Wass yang tidak terkawal, yang menanduk bola melebar dari jarak dekat.

Rashford kemudian memaksa Alvarez melakukan penyelamatan, ketika pasukan Jose Mourinho mengendalikan jalannya permainan.

Alvarez kemudian menggagalkan upaya Henrikh Mkhitaryan dan Jesse Lingard pada situasi-situasi satu lawan satu sebelum turun minum, saat peluang gelandang United Paul Pogba mulai tumbuh.

Celta memulai babak kedua dengan cukup baik, di mana mantan penyerang Liverpool Iago Aspas menanduk bola melebar sebelum Pione Sisto memaksa kiper United Sergio Romero bertindak dengan sepakannya yang terdefleksi.

Pertandingan berlangsung lebih hidup dan, saat Celta menikmati penguasaan bola terbaik mereka, United melakukan serangan balik. Rashford melejit dan memaksa Hugo Mallo melanggar dirinya dalam jarak 25 meter dari gawang.

Daley Blind mengecoh lawan pada tendangan bebas ini, yang sempat membuat Alvarez sedikit bergerak ke arah kiri untuk membuat Rashford dapat mengarah sepakan melengkung melewati dirinya ke sudut jauh.

Aspas kemudian melepaskan sepakan melebar ketika tuan rumah berupaya menyamakan kedudukan, namun justru Pogba yang nyaris mencetak gol ketika ia berusaha mengecoh Alvarez dengan tendangan bebas dari area pertahanan Celta, meski bola hanya mengenai sisi samping jaring gawang.

Bagaimanapun, kemenangan ini berakhir pahit bagi United, di mna Rashford harus mninggalkan lapangan sepuluh menit sebelum waktu normal habis karena cedera lutut.

Untuk menambah daftar cedera United, pemain pengganti United Ashley Young terpaksa meninggalkan lapangan karena masalah otot paha belakang pada masa tambahan waktu.

Juara Eropa tiga kali United, yang belum pernah menjuarai Liga Europa ataupun turnamen pendahulunya Piala UEFA, akan menjamu Celta di Old Trafford pada leg kedua Kamis depan. (H-RF)