Produsen AC ingin bangun pabrik di Indonesia

id pabrik, perusahaan, ac, produsen pengatur suhu ruangan, membangun pabrik, potensi pasar AC, Guan Yingui, chairman SGG, Soegeng Rahardjo

Produsen AC ingin bangun pabrik di Indonesia

Ilustrasi- Pembangunan pabrik. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Dezhou, Shandong (Antarasumsel.com) - Shandong Grad Group, produsen pengatur suhu ruangan (AC) asal China, berkeinginan membangun pabrik di Indonesia.

"Sekarang saat yang tepat untuk bangun pabrik di Indonesia karena potensi pasar AC di sana sangat luar biasa," kata Guan Yingui, selaku chairman SGG saat menerima kunjungan Duta Besar RI untuk China Soegeng Rahardjo di pabriknya di Kota Dezhou, Provinsi Shandong, Jumat.

SGG sebelumnya telah membangun pabrik di Laos dan saat ini sedang mencari mitra di Indonesia untuk membangun pabrik baru.

"Kami juga minta bantuan Bapak Dubes agar bisa mendapatkan mitra yang tepat di Indonesia," ujar Guan.

Namun, sebelum membangun pabrik di Indonesia, SGG harus terlebih dulu memberikan pelatihan kepada calon tenaga kerja lokal.

"Kalau sudah ada tenaga lokal dari Indonesia yang sudah terlatih di sini, baru kami bisa dirikan pabrik di sana," ucapnya.

Dubes Soegeng Rahardjo menyatakan kesiapannya untuk membantu SGG dalam merealisasikan rencana pendirian pabrik di Indonesia itu.

"Tentu dengan senang hati kami akan bantu carikan mitra lokal dan mempermudah proses perizinan," ujarnya.

Ia juga memberikan saran kepada Guan bahwa persaingan AC di pasar Indonesia sangat ketat, bahkan antarkompetitor yang sama-sama berasal dari China.

"Kalau produk bagus dan tahan lama serta harga terjangkau, maka sudah barang tentu akan mudah diterima masyarakat Indonesia," katanya.

Soegeng yang mendapat kesempatan mengunjungi pabrik tersebut melihat bahwa produk merek Grad mampu bersaing di pasar AC di Indonesia.