Anggota OPM kembali ke NKRI

id merah putih, opm, nkri, mantan pemberontak, papua, senjata rakitan, yapen

Anggota OPM kembali ke NKRI

Indonesia (Antarasumsel.com)

Jayapura (Antarasumsel.com) - Anggota organisasi papua merdeka (OPM) Yusuf Aninam, Jumat (5/5) menyerahkan diri dan menyatakan kembali ke NKRI dengan menyerahkan senjata api rakitan beserta amunisi yang selama ini dimilikinya di rumah Bupati Kepulauan Yapen

Dandim 1709 Letkol Inf Hari Wibowo kepada Antara, mengatakan, penyerahan diri anggota OPM  yang selama ini bergabung dengan kelompok Fernando Warobay berlangsung di kediaman Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar di Serui.

Saat penyerahan diri Yusuf Aninam yang bersama kelompoknya berbasis di kampung Sasawaitu membawa senjata api rakitan dan enam butir amunisi kaliber 5.56 mm.

Penyerahan diri mantan anggota OPM itu berkat  pendekatan yang dilakukan anggota TNI yang bertugas di kawasan itu. Yusuf melihat dan merasakan berbagai kegiatan positif yang dilakukan anggota TNI,  kata Letkol Inf Hari Wibowo.

Bahkan sejak kegiatan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke 96, Kodim 1709 Yapen Waropen terus melakukan penggalangan dan pendekatan sehingga percaya dan yakin untuk kembali ke pangkuan ibu pertiwi.

Tercatat empat pemuda asal kampung Sasawa saat ini mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di Mabes TNI yakni kegiatan Karya Wisata Nusantara, kata Letkol Inf Hari Wibowo.

Setelah menyerahkan diri Yusuf Aninam menyatakan akan kembali ke kampung halamannya di kampung Kainui, Distrik Anggaisera, Kabupaten Kepulauan Yapen.