Zidane: Ronaldo telah belajar untuk menerima rotasi

id Marcelo, real, madrid, liga spanyol, Real Madrid, Zinedine Zidane, juara liga spanyol, Cristiano Ronaldo, penyerang Portugal

Zidane: Ronaldo telah belajar untuk menerima rotasi

Zinedine Zidane (Foto ANTARA/Reuters)

Barcelona (Antara/Reuters) - Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane mengatakan pada Jumat bahwa Cristiano Ronaldo telah menerima kebutuhan untuk beristirahat dalam semusim, ketika penyerang tajam asal Portugal itu bersiap absen untuk pertandingan tandang di liga untuk keempat kalinya secara beruntun saat mereka melawat ke markas Granada, Sabtu.
Sejauh ini Ronaldo telah delapan kali absen dari 34 pertandingan Real di liga pada musim ini, kontras dengan tahun lalu ketika ia berpartisipasi sebanyak 36 pertandingan dari 38 laga, hanya absen karena cedera otot paha belakang yang dideritanya pada fase akhir musim.

Keuntungan memainkan lebih sedikit pertandingan musim ini terbukti ketika penyerang Portugal itu mengemas trigol saat melawan Atletico Madrid pada Selasa, untuk membawa Real ke ambang final Liga Champions ketiga, kontras dengan penampilan datar saat ia menyelesaikan musim lalu.

Zidane menyadari pada tahun lalu bahwa Ronaldo perlu lebih banyak beristirahat, namun sulit untuk meyakinkan dia untuk absen pada beberapa pertandingan, namun sang pelatih mengatakan pada Jumat bahwa penyerang 32 tahun itu telah menerima realitas barunya.   

"Saya berbicara dengan Cristiano sepanjang waktu dan saya sangat mengenal dirinya. Ia tahu bahwa sampai sekarang ia bermain dalam 60-70 pertandingan per musim dan akumulasi tahun-tahun itu berarti ia memerlukan lebih banyak istirahat," kata Zidane pada konferensi pers.

"Saya bukan pelatih yang membuat dia harus beristirahat, yang saya tahu bahwa para pemain memerlukan istirahat, khususnya jika mereka ingin tiba di fase akhir musim dalam kondisi terbaik."
Real akan menghadapi Granada yang telah dipastikan terdegradasi, yang menelan kekalahan pada lima pertandingan terakhirnya, pada Sabtu di mana mereka memerlukan kemenangan untuk dapat tetap menyamai koleksi angka sang pemuncak klasemen Liga Spanyol Barcelona, meski Zidane mengharapkan untuk mencoret Ronaldo dari skuad.

Pemain Portugal itu akan diskors dari pertandingan vital di liga pada Minggu depan melawan Sevilla, jika ia mendapat kartu kuning saat menghadapi Granada.

Real tertinggal dari Barca di klasemen karena rekor "head to head" mereka yang inferior, namun mereka unggul satu pertandingan yang belum dimainkan atas tim Katalan tersebut yang berarti mereka akan memenangi gelar liga perdana sejak 2012 jika mereka meraih sepuluh angka dari empat pertandingan tersisa.

Trigol Ronaldo saat melawan Atletico menyusul lima golnya di perempat final saat menghadapi Bayern Munich, dan Zidane mengatakan penampilan tidak kenal ampun dari sang pemain berarti ia akan meraih gelar Ballon d'Or untuk tahun kedua secara beruntun, membuat ia selevel dengan Lionel Messi dalam mengoleksi gelar individual prestisius tersebut dengan koleksi lima gelar.

"Menurut saya ia dapat kembali memenanginya, dan ia layak untuk semua kredit itu," kata Zidane.(H-RF)