PSSI targetkan timnas wanita tembus semifinal AFF

id pssi, Joko Driyono, timnas wanita, u-15, Piala AFF, empat besar, sepak bola

PSSI targetkan timnas wanita tembus semifinal AFF

Persatuan sepak bola Indonesia (ANTARA)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menargetkan tim nasional sepak bola putri U-15 mampu menembus putaran semifinal Piala AFF U-15.

Untuk menembus fase empat besar itu, menurut Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono di Jakarta, Jumat, tim nasional yang diasuh oleh Rudolf (Rully) Nere itu diharapkan menjadi jawara grup B yang diisi pula oleh Filipina, Singapura dan Kamboja dalam turnamen yang digelar di Laos pada 8-20 Mei 2017 tersebut.

"Tentu kita ingin menjadi yang terbaik di grup ini. Karena kita melihat adanya semangat dari seluruh pemain serta official, pelatih dan masyarakat Indonesia yang ingin jadi yang terbaik," kata Joko dalam acara pelepasan tim nasional putri U-15 di Jakarta.

Joko berharap terbentuknya timnas putri U-15 pada tahun ini bisa menjadi sebuah awal yang baik untuk sepak bola wanita di Indonesia meski persiapan untuk mengikuti turnamen tersebut bisa disebut tidak ideal lantaran baru terbentuk selama satu bulan.

"Indonesia dinilai oleh FIFA berada dalam fase permulaan dalam sepak bola wanita, saya harap jangan dijadikan beban, jadikan pemacu untuk mengejar prestasi," ujar dia.

Keyakinan bisa menembus fase empat besar juga dilontarkan oleh pelatih kepala timnas putri U-15 Rully Nere dan kapten tim Safira Ika Putri Kartini.

Rully menyebut kondisi fisik timnya saat ini sudah mencapai 100 persen yang menjadi salah satu alasan dia meyakini anak-anak asuhnya bisa melaju ke empat besar di AFF.

"Dengan situasi seperti ini, kami yakin dapat lolos ke babak berikutnya. Terkait lawan pun kami sudah kita melihat videonya dan yang penting kita harus yakin," tutur Rully.

Senada dengan pelatih, kapten timnas Safira Ika menyebut dia dan teman-temannya siap tempur di Laos.

"Optimistis juara. Semua lawan bagus, tetapi kami mesti yakin dan kompak. Saya pun ingin jadi pemain terbaik di sana," ujar Safira.

21 pemain timnas wanita dan para official sendiri direncanakan akan bertolak ke Laos pada hari Sabtu (6/5) siang.