Jumat, 20 Oktober 2017

Semarang Night carnival 2017 dimeriahkan 5 negara

id carnival, carnaval, Semarang Night Carnival, Sawahlunto, Jember, Jepara, Kendal, burung blekok, bunga sepatu, kuliner khas
Semarang Night carnival 2017 dimeriahkan 5 negara
Ilustrasi Carnaval. (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi)
Semarang (Antarasumsel.com) - Parade Semarang Night Carnival (SNC) 2017 yang menjadi agenda tahunan Kota Semarang, dimeriahkan dengan keikutsertaan perwakilan dari lima negara sebagai peserta karnaval, Sabtu malam.

Kelima negara itu, yakni Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Srilanka yang masing-masing  menampilkan kostum khas negaranya berbaur dengan gemerlap gempita kostum warna-warni peserta tuan rumah Kota Semarang.

Tampil pula perwakilan peserta karnaval dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Sawahlunto, Jember, Jepara, dan Kendal yang turut memeriahkan parade kostum unik yang kali ini mengangkat tema utama "Paras Semarang".

"Paras Semarang", terbagi atas empat ikon khas Semarang yang terwakili dalam kostum peserta, yakni burung blekok, bunga sepatu, kuliner khas seperti bandeng presto dan lumpia, serta "teng-tengan" lampion khas Semarang.

Kostum yang ditampilkan pun bernuansa aneka warna, mulai hijau, merah, cokelat, dan putih, yang dihias membentuk empat ikon Semarang sesuai tema, lengkap dengan pernak-pernik yang menyala dan kerlap-kerlip lampu.

Rute karnaval, dimulai dari kawasan Kota Lama Semarang menuju Monumen Tugu Muda, melewati sepanjang Jalan Pemuda, Semarang, termasuk di depan Balai Kota Semarang yang sudah "disemuti" ribuan warga sejak petang hari.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengapresiasi kehadiran perwakilan negara lain yang ikut memeriahkan pergelaran SNC tahun ini, apalagi mereka turut menampilkan kostum-kostum khas negaranya yang unik dan ikut "defile".

"Total kira-kira ada 400 peserta 'defile', ditambah peserta dari negara lain yang juga menampilkan kostum-kostum kreatifnya. Pergelaran SNC ini sudah dijadikan agenda nasional oleh Kementerian Pariwisata," katanya.

Dengan keikutsertaan perwakilan dari negara lain pada SNC tahun ini , Hendi, sapaan akrab orang nomor satu di Kota Semarang itu menargetkan kegiatan serupa tahun depan akan ditingkatkan menjadi daya tarik wisatawan mancanegara.

"Kehadiran peserta dari luar negeri ini diharapkan semakin banyak sehingga nantinya SNC menjadi daya ungkit pariwisata Kota Semarang. Kegiatan SNC yang sudah ketujuhkalinya  ini semoga meningkat kualitas dan kuantitasnya," katanya.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Pariwisata Nusantara Kemenpar, Tazbir menyambut bangga pergelaran SNC yang menjadi bukti Semarang konsisten dengan agenda kepariwisataannya.

"Kemenpar mengapresiasi tinggi atas konsistensi Kota Semarang menjadikan kegiatan ini sebagai kebanggaan warganya. Ini juga bukti keseriusan Pemerintah Kota Semarang dalam mengembangkan pariwisata secara kreatif," pungkasnya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga