Menristek: Perpanjangan SBMPTN rawat keindonesiaan

id M. Nasir, Menristek, SBMPTN, merawat keindonesiaan, Universitas Negeri Semarang, pendaftaran sbmptn

Menristek: Perpanjangan SBMPTN rawat keindonesiaan

Mohamad Nasir . (ANTARA /Hendra Nurdiyansyah)

Semarang (Antarasumsel.com) - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir menyatakan kebijakan memperpanjang pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 untuk merawat keindonesiaan.

"Bukan penundaan, tetapi perpanjangan pendaftaran (SBMPTN, red.)," katanya usai menyampaikan kuliah umum di Universitas Negeri Semarang (Unnes) di Semarang, Sabtu.

Pendaftaran SBMPTN sebagai salah satu jalur masuk PTN seharusnya ditutup pada 5 Mei 2017 pukul 22.00 WIB, tetapi kemudian panitia memperpanjang masa pendaftaran hingga 9 Mei 2017 pukul 16.00 WIB.

Nasir menjelskan banyak calon mahasiswa, terutama yang berada di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) tidak tersedia teknologi informasi yang memadai untuk mendaftar SBMPTN.

"Karenanya, diberikan waktu tambahan. Tujuannya, menjaring mereka yang punya potensi untuk bisa masuk PTN. Di daerah-daerah ini (3T, red.), banyak yang belum terakses," kata mantan Rektor terpilih Universitas Diponegoro Semarang (Undip) itu.

Lebih jauh, Nasir mengingatkan keindonesiaan, mulai dari Sabang sampai Merauke, termasuk mereka yang tinggal di pulau-pulau terpencil, seperti di daerah 3T.

"Kita harus merawat Indonesia secara baik, dari Sabang sampai Merauke," kata sosok kelahiran Ngawi, 27 Juni 1960 itu.

Meski pendaftaran diperpanjang, kata dia, pelaksanaan tes tertulis SBMPTN tetap dilaksanakan pada 16 Mei 2017, sedangkan pada 17 Mei 2017 dilaksanakan ujian praktik untuk program studi tertentu.

Sebelumnya, Ketua Panitia SBMPTN Ravik Karsidi mengatakan perpanjangan pendaftaran itu untuk memberikan kesempatan calon mahasiswa dari daerah 3T yang memiliki keterbatasan akses internet untuk mengikuti seleksi tersebut.

"Untuk waktu pembayaran diperpanjang hingga Senin, 8 Mei, pukul 16.00 WIB. Sementara untuk pendaftaran diperpanjang hingga Selasa, 9 Mei, pukul 16.00 WIB," paparnya.

Ravik juga meminta peserta SBMPTN untuk melakukan cek lokasi ujian miniml sehari sebelum ujian dilaksanakan.

Untuk peserta yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kata dia, bisa melakukan registrasi atau daftar ulang di PTN yang menerima pada 16 Mei 2017, bersamaan dengan tes tertulis SBMPTN.