Presiden Jokowi hadiahi tujuh sepeda untuk petani

id Presiden, Joko Widodo, hadiah sepeda, untuk petani, pembangunan, infrastruktur pertanian, Pekan Nasional Petani Nelayan, kesejahteraan masyarakat, men

Presiden Jokowi hadiahi tujuh sepeda untuk petani

Presiden Joko Widodo didampingi ibu negara Iriana Joko Widodo . (ANTARA /Kornelis Kaha)

Banda Aceh (Antarasumsel.com) - Presiden Joko Widodo memberikan hadiahi tujuh sepeda kepada petani jagung dan kakao di sela-sela membuka Pekan nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XV di Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Banda Aceh, Sabtu.

"Apa ada petani jagung di sini. Saya minta kepada petani jagung untuk dua orang saja silahkan naik ke panggung utama," kata Jokowi di sela-sela pembukaan Penas KTNA di Provinsi Aceh.

Jokowi yang menggenakan baju warna putih tersebut meminta petani yang maju tersebut untuk memperkenalkan diri dan menceritakan capaian dan harga jual yang dinikmati oleh petani jagung dan coklat selama ini.

Ia mengatakan sebelumnya harga jagung di pasaran berada pada angka Rp1.500 sampai Rp1.700 per kilogram dan dirinya mengeluarkan inpres jagung dengan harga beli di pasaran Rp2.700 per kilogram.

"Saya merasa senang mendengar harga beli jagung lebih tinggi di pasaran dan saya berharap apa yang dilakukan petani ini dapat memotivasi petani-petani di kabupaten/kota lainnya di Indonesia," katanya.

Dalam sesi diskusi bersama petani jagung dan kakao bersama Presiden Jokowi, orang nomor satu di Indonesia tersebut sempat tertawa lepas mendengar penjelasan dari para petani jagung dan kakao.

Beragam ekspresi yang diperlihatkan petani yang diberi kesempatan mendekati Presiden di panggung utama tersebut juga membuat para tamu undangan dan peserta yang memadati Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Banda Aceh ikut tertawa.

Ada yang meminta foto bersama Presiden dan saat mengambil hadiah yang diberikan Presiden ada diantara mereka yang mengayuh langsung sepeda tersebut di depan lapangan yang juga mendapat gelak tawa Presiden Jokowi dan peserta Penas KTNA.

Dalam kunjungan ke provinsi ujung paling barat Indonesia itu Presiden Jokowi turut didampingi ibu Iriana dan sejumlah menteri kabinet kerja.

Penas KTNA yang berlangsung di Aceh, 6-11 Mei 2017 tersebut diperkirakan dihadiri 35 ribu peserta dari seluruh provinsi di Tanah Air yang dipusatkan Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Banda Aceh.