Petualang Dunia berkumpul di Sumbawa

id pendaki, petualanang, petualang dunia, Horizon Unlimited Indonesia, Ride for Peace, Horizon Unlimited

Petualang Dunia berkumpul di Sumbawa

Ilustrasi . (ANTARA)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Sejumlah nama petualang papan atas yang pernah menjelajahi dunia dengan sepeda motor akan berkumpul di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pada pertemuan para petualang dunia, Horizon Unlimited Indonesia 2017, mulai 18 hingga 21 Mei mendatang.

Jeffrey Polnaja, penjelajah dunia berbendera Ride for Peace (RFP) yang ditunjuk Horizon Unlimited sebagai ketua pelaksana di Indonesia kepada Antara, Selasa, mengatakan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah Horizon Unlimited 2017.

"Kegiatan internasional ini merupakan kali pertama bagi Indonesia. Kita patut berbangga karena Horizon Unlimited Indonesia (HUI) bakal dihadiri nama-nama petualang dunia papan atas," katanya.

Ia lantas menyebutkan sejumlah nama, antara lain, Ted Simon, pasangan Shannon dan Mike Mills, pasangan Maggie dan Norman Magowan, Nicole Espinosa, Anita Yusof, Andy Dukes, Steve Campbell, dan Jeff de Wispelaere akan berbagi cerita dan keahlian berpetualang kepada mereka yang bergabung dalam kegiatan tersebut.

Horizon Unlimited merupakan wadah perkumpulan petualang dunia dibentuk pasangan petualang veteran Grant dan Susan Johnson sejak 1997.

Sejak didirikan perkumpulan berbasis di Inggris dan Kanada ini menjadi inspirasi serta memberikan informasi kepada setiap orang yang ingin berpetualang.

"Saya mendengar kabar sudah banyak bikers dari berbagai daerah dan negara yang mulai berkendara menuju Sumbawa. Kabar yang sangat baik," kata pria asal Bandung, Jawa Barat, yang akrab disapa Kang JJ ini.

Menurut dia, HUI sejatinya harus bisa dimanfaatkan oleh pencinta petualang di Tanah Air sebagai sarana menggali pengalaman dari petualang dunia.

    
        Promosi Wisata Indonesia
Saat ini perhatian para penjelajah dunia sedang tertuju ke Indonesia. Oleh karena itu, dia berharap dapat meningkatkan pariwisata sekaligus mempromosikan wisata Indonesia di dunia.

Kang JJ menyebutkan dalam kegiatan HUI 2017 banyak program aktivitas. Selain presentasi dari sejumlah nama petualang, juga berkendara bersama pada hari Jumat (12/5).

Ted Simon (86), jurnalis sekaligus petualang bermotor asal Inggris pendiri "Jupiter's Traveller" yang menulis beberapa buku, salah satunya "Dream of Jupiter", akan menyampaikan kisah panjang perjalanan keliling dunia dengan sepeda motor Triumph Tiger sejak 1973, pada usianya 42 tahun.

Steve Campbell, pria asal Australia yang mengenal Indonesia sejak 1970 dan telah menjelajah dari Singapura ke London, Inggris, menggunakan Honda 450 Twin pada tahun 1973. Dia juga akan mengisahkan seluruh pengalaman uniknya.

Selain itu, Shannon dan Mike Mills, pasangan petualang asal Seattle, Amerika Serikat, secara khusus hadir pada HUI 2017 dengan menunggang dua sepeda motor BMW model GS-Series. Keduanya akan mempertontonkan video kisah perjalanan 16 bulan di Amerika Selatan, lalu menembus Belgia dengan kargo, serta berkendara melalui Maroko dan Nepal untuk menembus hingga Sumbawa, Indonesia.

Berikutnya, tiga wanita petualang dunia, Anita Yusof (Malaysia), Nicole Espinosa (USA), dan Maggie Magowan (Inggris), juga akan ambil bagian sebagai pembicara.

Anita akan menyampaikan kisahnya sebagai muslimat pertama di dunia yang berhasil berpetualang seorang diri dari Malaysia hingga 40 negara di empat benua.

Sementara itu, Nicole telah menyiapkan paket tayangan spesial dari hasil petualangannya di Benua Afrika.

Adapun Maggie yang hampir 40 tahun mendampingi suaminya (Norman Magowan) berpetualang dengan sepeda motor akan memberikan pelatihan yoga sesuai dengan kemahirannya.

Maggie dan Norman datang secara khusus ke Sumbawa dengan menunggang sepeda motor dari Inggris.

Tidak cuma itu, Jeff de Wispelaere, pria asal Denver, Colorado, AS yang piawai di atas sepeda motor besar adventure juga akan memberikan teknik-teknik berkendara kepada semua peserta HUI 2017.

Andy Dukes (Inggris) yang sengaja naik motor dari Inggris menuju Sumbawa akan menyampaikan kisah tentang bagaimana memulai menjadi seorang petualang sejati di atas sepeda motor.

Jeffrey Polnaja yang telah mengukir prestasi sebagai salah satu pemotor pencatat jarak berkendara terjauh (420.000 km) bertitel "Circumnavigated" (97 negara) akan ambil bagian dalam sesi presentasi.