Pemprov Lampung jadwalkan pelantikan kepala daerah

id Lampung, Chandri, Pemprov Lampung, pelantikan kepala daerah, Pilkada Serentak, Kementerian Dalam Negeri

Pemprov Lampung jadwalkan pelantikan kepala daerah

Ilustrasi pelantikan . (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi)

Bandarlampung (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Lampung menjadwalkan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih pada Pilkada Serentak 2017 lalu.

"Selambat-lambatnya pelantikan kepala daerah terpilih itu digelar akhir Juni mendatang," kata Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Setprov Lampung Chandri, di Bandarlampung, Selasa.

Ia menyebutkan, Pemprov Lampung masih menunggu keputusan dari Kementerian Dalam Negeri RI atas kepastian waktu pelaksanaan pelantikan tiga dari lima kepala daerah dan wakil kepala daerah di kabupaten yang telah melaksanakan pilkada serentak pada Februari lalu, mengingat akhir masa jabatan ketiga kepala daerah tersebut telah berakhir.

Menurutnya, ketiga kabupaten tersebut yakni Tulangbawang Barat masa jabatan bupati dan wakil bupati berakhir pada 23 November 2016, Pringsewu (5 November 2016), dan Mesuji (13 April 2017).

Dua Kabupaten lainnya, yaitu Lampung Barat akan berakhir pada (11 Desember 2017), dan Tulangbawang (17 Desember 2017) yang akan dilantik setelah masa jabatan berakhir.

"Bupati dan wakil bupati tiga kabupaten itu segera dilantik secara bertahap, setelah itu dua kabupaten lainnya akan dilantik menyusul," ujarnya.

Pihaknya belum dapat memastikan waktu pelantikan tersebut, namun diperkirakan digelar akhir Juni 2017.

"Belum dipastikan pelantikan tersebut kapan dilakukan, karena belum ada informasi lebih lanjut dari Kemendagri terkait dengan surat keputusan presiden, tetapi yang jelas akan digelar di Balai Keratun kantor gubernur Lampung pada akhir Juni, sehingga kami harus mempersiapkan dari sekarang," katanya lagi.

Ia menambahkan, Pemprov Lampung bersama pemkab tiga kabupaten telah menyusun kegiatan, tugas dan tanggung jawab untuk dilaksanakan pada proses acara tersebut.