Diknas seleksi ratusan calon kepala sekolah SMA/SMK

id Widodo, guru, seleksi, kepala sekolah, jabatan, pendidikan dan pelatihan, diknas

Diknas seleksi ratusan calon kepala sekolah SMA/SMK

Widodo (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (Antarasumsel.com) - Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera menyeleksi sebanyak 416 orang guru Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan  sebagai calon kepala sekolah melalui pendidikan dan pelatihan di Palembang selama dua bulan.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo di Palembang, Selasa mengatakan, bagi guru yang memenuhi syarat  akan mendapat sertifikat sebagai persyaratan untuk menjadi kepala sekolah.

Namun, lanjut dia, walaupun sudah memiliki sertifikat bukan berarti secara otomatis menjadi kepala sekolah, tetapi harus mengikuti tes kembali.

Apalagi peserta cukup banyak sementara jabatan yang akan diisi masih terbatas, karena hanya beberapa sekolah yang belum memiliki kepala sekolah, kata dia.

Selain itu ada kepala sekolah yang sudah lama menjabat atau hampir berakhir sehingga itu harus dipersiapkan penggantinya.

Oleh karena itu pihaknya melaksanakan pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah  agar kualitas sumber daya manusia daerah ini semakin maju.

Ia mengatakan,  fungsi pendidikan dan pelatihan tersebut agar semua kepala sekolah memiliki sertifikat, sebab selama ini masih ada kepala sekolah yang tidak memiliki sertifikat.

Selain itu, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin minta sumber daya manusia daerah ini harus  terus dibenahi yang salah satunya meningkatkan kualitas kepala sekolah, katanya.