IHSG Rabu dibuka menguat 0,90 poin

id ihsg, indeks saham gabungan, idx, bei jakarta, ekonomi, bursa efek indonesia, pasar modal, saham naik

IHSG Rabu dibuka menguat 0,90 poin

IHSG . (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu, dibuka menguat sebesar 0,90 poin seiring dengan investor asing yang masih melakukan aksi beli.

IHSG BEI dibuka 0,90 poin atau 0,02 persen menjadi 5.697,95 poin. Sementara itu kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak menguat 0,22 poin (0,02 persen) menjadi 947,05 poin.

"Investor asing yang masih melakukan aksi beli menjadi salah satu faktor yang menopang IHSG, kondisi itu menunjukan sentimen dari dalam negeri tidak sampai mempengaruhi penilaian investor asing untuk berinvestasi di Indonesia," kata Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Rabu.

Ia menambahkan bahwa faktor fundamental ekonomi dalam negeri yang kondusif merupakan salah satu faktor utama bagi investor dalam menempatkan dananya di dalam negeri.

Ia mengatakan bahwa harapan kenaikan peringkat Indonesia menjadi level layak investasi (investment grade) juga masih tetap terjaga, situasi itu akan menjaga fluktuasi IHSG bergerak dalam kisaran yang stabil.

Vice President Research and Analysis Valbury Asia Securities Nico Omer Jonckheere menambahkan bahwa cadangan devisa Indonesia yang diproyeksikan terus meningkat hingga akhir tahun juga turut membuka peluang bagi IHSG untuk bergerak terus menguat.

Di sisi lain, lanjut dia, lembaga Dana Moneter Internasional (IMF) yang merevisi naik proyeksi pertumbuhan Tiongkok dan Jepang pada tahun 2017 menyusul berlanjutnya dukungan kebijakan dan kuatnya sejumlah indikator seperti indeks aktivitas sektor manufaktur juga akan berimplikasi positif bagi pasar saham Asia.

Bursa regional, di antaranya indeks bursa Nikkei naik 58,88 poin (0,30 persen) ke 19.901,88, indeks Hang Seng menguat 147,27 poin (0,59 persen) ke 25.036,30, dan Straits Times menguat 12,99 poin (0,40 persen) posisi 3.249,97.