Rabu, 20 September 2017

Gubernur: Bonn Challenge komitmen jaga hutan lestari

id Alex Noerdin, Bonn Challenge, Pertemuan Menteri Lingkungan Hidup, penghijauan, kebakaran hutan
Gubernur: Bonn Challenge komitmen jaga hutan lestari
(Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/17)
Palembang (Antarasumsel.com) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, Bonn Challenge atau Pertemuan Menteri Lingkungan Hidup Asia Fasifik sebagai komitmen pembangunan hijau di daerah tersebut.

Sumsel cukup serius dalam melestarikan hutan hijau sehingga dipercaya tuan rumah Pertemuan Menteri Lingkungan Hidup Asia Fasifik, kata Gubernur Alex Noerdin saat Pertemuan Menteri Lingkungan Hidup Dunia di Palembang, Rabu.

Lebih lanjut dia mengatakan, apalagi hutan di Sumsel cukup luas sehingga keberadaanya supaya tetap lestari harus selalu dijaga.

Apalagi tujuan Pertemuan Menteri Asia Fasifik itu untuk melestarikan hutan 150 juta hektare termasuk di antaranya Sumsel, ujar Gubernur Alex Noerdin.

Dia mengatakan, memang sebagai tempat pertemuan ini tentunya menimbulkan tanda tanya semua pihak.

Apalagi kawasan Sumsel disorot dunia akibat adanya kabut asap karena kebakaran hutan dan lahan, kata dia.

Oleh karena itu Gubernur Alex Noerdin menilai pertemuan di Palembang ini sebagai kesempatan bagi masyarakat Sumsel untuk menunjukkan bahwa daerah itu selalu menjaga hutan supaya tetap lestari.

Yang jelas, lanjut dia, Sumsel memetik banyak manfaat terutama kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan terjadinya kabut asap.

Sehubungan hal itu pihaknya memperkenalkan konsep hutan hijau merangkul semua yang terkait, ujar Gubernur Alex Noerdin.

Dia mengatakan, hal itu sangat penting karena penanganan kebakaran hutan dan lahan perlu langkah yang cepat dan tepat sasaran.

Gubernur Alex Noerdin berharap dalam menjaga lingkungan hijau tersebut tidak hanya pemerintah yang berperan, namun semua pihak.

Pihaknya juga mengapresasi berbagai perusahaan yang ikut berperan aktif termasuk desa peduli api dalam menjaga agar hutan tetap lestari, tambah dia.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga