Senin, 24 Juli 2017

Bonn Challenge sepakati restorasi ribuan ha lahan kritis

id gubernur, alex noerdin
Bonn Challenge sepakati restorasi ribuan ha lahan kritis
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia (Antarasumsel.com/Grafis/Ist/Ang)
Palembang (Antarasumsel.com) - Peserta Bonn Challenge atau pertemuan para Menteri Lingkungan Hidup Asia Fasifik di Palembang, 9 - 10 Mei 2017 menyepakati akan merestorasi ribuan hektare lahan kritis di Sumatera Selatan.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Kamis mengatakan, hasil rapat para Menteri Lingkungan Hidup (LH) itu antara lain merestorasi lahan di dunia termasuk di Sumsel.

Untuk Sumsel sendiri ada 11 titik akan direstorasi yang sembilan diantaranya lahan gambut, ujar gubernur.

Sementara dua titik lainnya di areal perbukitan seperti di Semendo, Muaraenim dan Pagaralam yang total luas arealnya ribuan hektare.

Restorasi dilaksanakan dalam jangka panjang karena dana yang dibutuhkan cukup besar, ujar dia.

Memang, lanjut dia, Sumsel pada 2015 pernah terjadi kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan ribuan ha lahan rusak parah.

Lahan yang terbakar tersebut akan direstorasi dan itu sesuai hasil rapat pada pertemuan para Menteri LH lalu, ujar gubernur.

Memang pertemuan tersebut diikuti utusan para Menteri LH 27 negara baik yang menjadi pendonor maupun membutuhkan restorasi.

Khusus Sumsel sendiri sebagai provinsi yang membutuhkan restorasi sehingga pertemuan itu sangat bermanfaat bagi daerah ini, kata dia.

Mengenai bantuan restorasi sendiri bukan hanya berupa dana, tetapi juga ada teknologi khusus untuk melestarikan hutan, tambah dia.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga