Sriwijaya FC ungguli Barito 2-1 babak I

id Sfc, barito putra, babak pertama, liga indonesia

Sriwijaya FC ungguli Barito 2-1 babak I

Sriwijaya FC Kalahkan Barito Putera Pesepak bola Sriwijaya FC Alberto Goncalves (kedua kiri) melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya seusai mencetak gol kegawang PS Barito Putera dalam pertandingan Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion Gelora Sriw

Palembang (Antarasumsel.com) - Tim tuan rumah Sriwijaya FC untuk sementara unggul 2-1 atas tamunya Barito Putera pada 45 menit babak pertama pertandingan Go-Jek Traveloka Liga 1 Indonesia di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sabtu sore.

Gol pertama tercipta begitu cepat, tepatnya pada menit ke-1 melalui sepakan striker Sriwijaya FC Hilton Moreira. Pemain asal Brazil ini tidak menyia-yiakan peluang sesaat setelah kick off. Bola bergulir dengan cepat ke jantung pertahanan Barito Putera yang langsung disambut Hilton.

Mulanya, Alberto "Beto" Goncalves yang mendapatkan kesempatan terlebih dahulu, namun bola melesat di atas mulut gawang. Belum sempat tim menyadari kesalahan finishing touch-nya, giliran Hilton ambil peran.

Bola yang bergulir ke sisi sayap kanan gawang Barito, ternyata tempat menyambangi Hilton. Dengan sigap pemain berusia 36 tahun itu, langsung menggiringnya tanpa bisa dihentikan pemain Barito. Sepakan Hilton pun tak dapat dibendung penjaga gawang. Seluruh suporter yang memadati stadion langsung menyambut gembira gol cepat yang tercipta itu. Skor 1-0 untuk tim tuan rumah Sriwijaya FC.

Usai terciptanya gol, tempo permainan kedua tim relatif sedang. Sriwijaya mulai memperkuat barisan gelandang bertahan dengan ditandai Hilton Moreira yang sedikit masuk ke dalam sektor tengah, demikian juga Beto. Sementara Barito Putra berfokus bagaimana caranya mencetak gol balasan.

Pertarungan antarindividu tiap lini terjadi, dan sepertinya Sriwijaya FC masih mampu mengatur irama permainan meski tercatat satu peluang berhasil diciptakan Risky Pora setelah berhasil memperdaya pemain belakang Marckho Sandy Merauje.

Akan tetapi petaka terjadi pada menit ke-15 bagi Sriwijaya FC. Yanto Basna, pemain belakang Sriwijaya FC melakukan handball yang dalam pengamatan langsung wasit Musthofa Umarela. Ketika wasit.menunjuk titik putih, secara spontan striker Barito Amirul Mukminin langsung bersujud syukur. Meski Marckho membela diri dengan mengatakan bahwa bola tidak sengaja menyentuh bahunya tapi wasit tidak bergeming dengan memberikan hadiah tendangan penalti ke Barito Putera.

Adalah Risky Pora yang menjadi eksekutor. Bola melesat mulus masuk ke gawang tanpa bisa dijangkau Teja Paku Alam. Skor imbang 1-1.

Perubahan kedudukan menjadi imbang ini membangkitkan kembali semangat tim tuan rumah. Formasi 4-3-3 yang diusung pelatih Oswaldo Lessa dioptimalkan para pemain dengan beberapa kali melakukan intersep ke lini pertahanan Barito. Hasilnya, pada menit ke-36, Sriwijaya FC melalui striker andalannya Beto berhasil mencetak gol. Beto mendapatkan umpan matang dari pemain marquee player Tijani Belaid. Sundulan Beto berhasil menyarangkan bola pada sudut sempit kanan penjaga gawang. Skor 2-1 untuk Laskar Wong Kito.

Merespon gol Sriwijaya FC, pelatih Barito, Jacksen F Tiago menganti pemain yakni menarik Nazar Nurzaidin diganti Dandi Maulana. Tapi perubahan komposisi pemain itu tidak banyak membantu. Skor tetap bertahan 2-1 untuk keunggulan Sriwijaya FC hingga turun minum.