Ketua BKKBN: komunikasi teman sebaya lebih efektif

id bkkbn, genre 2017
Ketua BKKBN: komunikasi teman sebaya lebih efektif
Pemilihan genre Sumsel 2017 (Antarasumsel.com/Aziz Munajar/17)
Palembang (Antarasumsel.com) - Komunikasi oleh teman sebaya lebih efektif dalam mensosialisasikan pemahaman substansi program generasi berencana, kata ketua Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional perwakilan Sumatera Selatan, Waspi.

"Untuk mengkomunikasikannya BKKBN butuh para remaja berbakat dengan pemilihan duta generasi berencana (Genre) 2017 agar informasi yang ingin kami sampaikan lebih efektif," Kata Waspi pada malam penganugerahan duta Genre Sumsel 2017 di Palembang, Sabtu (13/5).

Menurutnya, duta genre yang dipilih punya banyak tugas dan program, utamanya mengenai sosialisasi yang berhubungan dengan BKKBN.

Duta genre terpilih harus mensosialisasikan mengenai keluarga berencana kepada remaja-remaja di Sumatera Selatan, sehingga memiliki karakter yang terhindar dari tiga resiko.

Tiga resiko tersebut adalah pernikahan dini, seks bebas dan bahaya narkoba dimana ketiganya harus dicegah untuk mengurangi kenakalan pada remaja.

"Kami ingin para duta genre 2017 juga bisa memberikan pengertian dan mensosialisasikan tentang kegiatan positif para remaja mengenai bagaimana bersiap memasuki kehidupan berkeluarga," kata Waspi.

Terpilih sebagai duta genre 2017 adalah Muhammad Helza dan Indah Pratiwi dari Universitas Sriwijaya mengalahkan 300 peserta pada tahap seleksi sejak 11-13 Mei 2017.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga