Dinkes Lampung tengah berlakukan layanan call center

id puskesmas, call center, dinas kesehatan, Hairun Azman, Gunung Sugih, pelayana kesehatan, lebih cepat

Dinkes Lampung tengah berlakukan layanan call center

Layanan kesehatan masyarakat (Pusakesmas) (Antarasumsel.com/Feny Selly/)

Lampung Tengah (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah melalui Dinas Kesehatan berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan hingga tingkat masyarakat bawah segera memberlakukan layanan call center di setiap puskesmas daerah ini.

Layanan call center tersebut diberikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat banyak yang sedang memerlukan pelayanan kesehatan terutama saat darurat (urgent) seperti kebutuhan ambulans dan pelayanan kegawatdaruratan serta pelayanan kesehatan lainnya, kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah Hairun Azman, di Gunung Sugih, Sabtu.

Dia menjelaskan bahwa pelayanan call center tersebut bertujuan agar masyarakat mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan dengan cepat.

"Jadi dengan adanya call centre ini nantinya masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan kesehatan, seperti ambulans dan pelayanan lainnya terutama dalam keadaan mendesak. Saat mendapatkan laporan melalui call center, petugas kesehatan di puskesmas tersebut dapat dengan cepat memberikan pertolongan kesehatan, ujarnya lagi.

Selain itu, layanan ini juga untuk membantu ibu-ibu hamil yang akan melahirkan. Dengan pelayanan yang cepat dapat mebantu ibu-ibu melahirkan, sehingga dapat menolong serta menekan angka kematian bayi.

Hairul menambahkan, layanan ini merupakan salah satu program Bupati Lampung Tengah Dr Ir H Mustafa melalui Dinas Kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah ini.

"Saat ini program layanan call center sudah mulai dilaksanakan di beberapa puskesmas, seperti Puskesmas Punggur 085789999331, PKM Bandarjaya 08127341501, Seputihraman 082377090577, Candirejo 085269222200, ambulans Pepadun 081271915552. Ke depan akan diberlakukan pada semua puskesmas di Lampung Tengah," katanya pula.

Selain pelayanan, sarana dan prasarana juga perlu ditingkatkan, dan untuk menunjang agar program call center ini berjalan dengan baik, maka sumber daya manusia (SDM) nya juga perlu ditingkatkan.

Nantinya ambulans dan sopir akan selalu siaga di puskesmas, sehingga jika ada panggilan untuk melayani pasien maka semuanya siap melaksanakannya.

"Pelayanan di puskesmas juga akan selalu melayani semua pasien dengan baik. Apa pun penyakitnya harus dilakukan pertolongan terlebih dahulu baru mengetahui apakah pasien merupakan peserta BPJS atau bukan," katanya pula.

Pihaknya berharap, program ini dapat terlaksana dengan baik, sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan meskipun mereka berada di kampung yang jauh dari puskesmas setempat dengan cepat.

Bupati Mustafa menegaskan upaya peningkatan pelayanan kesehatan terus dilakukan Pemkab Lampung Tengah. Pembenahan dilakukan dari semua tingkatan, mulai dari puskesmas hingga rumah sakit.

"Pelan-pelan Rumah Sakit Demang Sepulau Raya terus kami perbaiki mulai dari fasilitas, layanan dan tenaga medis, semua ditingkatkan. Begitu juga di puskesmas-puskesmas. Ke depan dengan adanya layanan call center akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pengobatan," katanya lagi.