Wapres: Masjid jadi peningkat untuk jaga perdamaian

id Jusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla, Masjid, Kamboja, Upacara Kremasi, perdamaian
Wapres: Masjid jadi peningkat untuk jaga perdamaian
Wakil Presiden Jusuf Kalla . (ANTARA FOTO/Fadil)
Banda Aceh (Antarasumsel.com) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan agar masyarakat Aceh selalu menjadikan masjid sebagai pengingat untuk menjaga perdamaian.

"Kita bersyukur setelah tsunami terjadi kemudian tercipta kedamaian di Aceh ini memberikan rahmat kepada kita semua. Sekiranya tidak ada kedamaian kita tidak mungkin membangun masjid yang indah ini," kata Wapres saat meresmikan landscape Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Sabtu.

Lebih lanjut Wapres mengatakan, sekiranya tidak ada perdamaian tentu  tidak bisa membangun kota atau masyarakat Aceh. Karena Itulah kedamaian adalah modal pokok.

"Tapi di atas kedamaian itu juga yang penting adalah keadilan," tegas Wapres Jusuf Kalla.

"Itulah saya selalu sampaikan tujuan kita adalah kemakmuran dan kesejahteraan, tapi tidak ada kesejahteraan tanpa keamanan, tanpa kedamaian dan tidak ada kedamaian tanpa keadilan, semuanya harus bersama-sama kita lakukan. Masjid menjadi pengingat kita akan hal tersebut," ujarnya.

Terlebih lagi saat ini kondisi umat Islam di belahan bumi lain sedang menghadapi masalah yang besar seperti di Timur Tengah sesama muslim saling membunuh dan banyak yang mengungsi.

"Pada zaman dulu Rasulullah hijrah dari Mekkah ke Madinah tapi sekarang umat Islam hijrah ke Eropa untuk mencari keselamatan, sungguh kesedihan luar biasa. Karena itu kita harus menjaga kedamaian, jaga silaturahim kita semua, jaga persatuan," tegas Wapres.

Karena itu Masjid harus berfungsi bagaimana menjaga silaturahim masyarakat dan bagaimana menjaga keutuhan.  
"Karena itulah marilah kita semua  bersama-sama makmurkan masjid ini dengan cara memperbanyak ibadah, musyawarah, silaturrahim dan memperbanyak kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk kita semua dan agar masjid ini berfungsi memakmurkan masyarakatnya karena masyarakat yang tidak makmur tentu sulit memakmurkan masjid," ujar Wapres.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga