Yohana Menteri perempuan Indonesia pertama kunjungi Afghanistan

id Yohana Yembise, kunjungan kerja, ppa, pemberdayaan perempuan, afganistan, kabul, Arief

Yohana Menteri perempuan Indonesia pertama kunjungi Afghanistan

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise (KemenPPPA)

Kabul (Antarasumsel.com) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Yohana Yembise menjadi menteri perempuan Indonesia pertama yang mengunjungi Afghanistan untuk melakukan kerja sama bilateral pada bidang pemberdayaan perempuan.

Tidak hanya itu, kunjungan ini juga merupakan kunjungan pemerintah tingkat tinggi pertama setelah rezim taliban berakhir.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Indonesia untuk Republik Islam Afghanistan, Arief pada Senin di Kabul, Afghanistan mengatakan kedatangan Menteri Yoahana merupakan peristiwa monumental dalam semangat meningkatkan hubungan bilateral RI-Afghanistan.

"Isu pemberdayaan perempuan di Afghanistan merupakan isu prioritas bagi KBRI Kabul, Pemerintah Afghanistan, Uni Eropa dan PBB, sehingga kehadiran Menteri Yohana sangat berarti bagi hubungan kedua negara," kata Arief.

Kehadiran Yohana Yembise ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan kenegaraan Presiden Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani pada 5-6 April 2017 yang merupakan kunjungan kenegaraan pertama dalam sejarah hubungan bilateral semenjak 62 tahun yang lalu.

Salah satu pembicaraan dalam pertemuan tersebut adalah Presiden Afghanistan meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk membantu negaranya meningkatkan pemberdayaan perempuan Afgan.

Arief berharap kunungan Menteri PPPA ke Kabul dapat membuka jalan untuk semakin banyaknya pejabat dan pelaku bisnis Indonesia ke Kabul untuk meningkatkna hubungan politik, ekonomi dan sosial budaya kedua negara.

DI Afghanistan, Menteri Yohana Yambise akan menjadi pembicara utama pada 4th Symposium: "Afghan Women, Messenger of Peace".

Lalu direncanakan bertemu dengan Ibu Negara Afghanistan Rula Ghani, melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Peremouan Afghanistan Dilbar Mazar untuk membahas kerja sama antar kedua negara kemudian bertemu WNI yang tinggal di Kabul.