Rela hancurkan Sevilla untuk semakin dekati gelar

id Cristiano Ronaldo, Real Madrid, Zinedine Zidane, Barcelona, Barcelona, Celta Vigo, Nacho Fernandez

Rela hancurkan Sevilla untuk semakin dekati gelar

Pemain Real Madrid (Antarasumsel.com/Reuters)

Madrid (Antara/Reuters) - Cristiano Ronaldo mencetak gol ke-400nya untuk Real Madrid ketika pasukan Zinedine Zidane semakin dekat dengan gelar Liga Spanyol pertamanya sejak 2012, melalui kemenangan 4-1 atas Sevilla pada Minggu, sedangkan Neymar mengukir trigol untuk Barcelona, yang juga menang 4-1 atas Las Palmas.  

Kedua tim memiliki koleksi angka yang sama yakni 87 angka, di mana Barcelona memimpin klasemen berkat keunggulan rekor "head to head"nya namun Real masih memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan melawan Celta Vigo pekan depan dan hanya memerlukan empat angka dari dua pertandingan terakhirnya untuk mengamankan gelar.

Bek Nacho Fernandez membawa Real unggul pada menit kesepuluh dengan dengan pemikiran cepat dari tendangan bebas, menyepak bola ke sudut bawah dan mengecoh kubu Sevilla yang masih mempersiapkan dinding pertahanan mereka.

Nacho secara mengejutkan dimasukkan ke dalam tim inti ketika Zidane mengistirahatkan Marcelo, Casemiro, Karim Benzema, dan Luka Modric untuk pertandingan melawan Celta yang dijadwal ulang pada Rabu, demonstrasi terkini dari kepercayaan dirinya pada skuad yang penuh talenta yang telah menjadi faktor kunci pada perjalanan timnya menuju raihan gelar.

"Tim ini memiliki begitu banyak sumber daya dan apa yang paling saya sukai adalah karakter yang selalu kami perlihatkan," kata Zidane kepada para pewarta.

"Ketika keadaan bertambah sulit kami tahu kami dapat selalu tampil dengan baik dan akan menemukan solusi-solusi dengan permainan kami. Kami sangat layak mendapatkan kemenangan."
Ronaldo membukukan gol tonggak sejarahnya pada menit ke-23 dari jarak dekat dan kemudian menambahi gol ke-401, merestorasi keunggulan dua gol Real pada menit ke-78 melalui tembakan melengkung ke sudut atas gawang setelah Stevan Jovetic sempat memperkecil ketertinggalan Sevilla pada awal babak kedua.

"Apa yang dapat saya katakan mengenai Ronaldo? Ia adalah sesuatu yang berbeda, dan golnya merupakan hal lain lagi," tambah Zidane.

"Namun lebih dari gol Anda harus mengingat apa yang ia lakukan sampai sekarang. Ia selalu berada di sana pada momen-momen menentukan."

       Kemenangan mudah
Toni Kroos membukukan gol keempat pada menit ke-84 untuk menambahi kemilau ekstra pada kemenangan mudah di laga kandang terakhir untuk Real musim ini, di mana mereka akan memainkan final Liga Champions melawan Juventus pada bulan depan dengan peluang meraih dua trofi, liga dan Piala Eropa, untuk pertama kalinya sejak 1958.

Di Kepulauan Canary, Luis Suarez mengirimkan operan untuk Neymar untuk menjadi gol pembukaan bagi Barca pada menit ke-25, dan kemudian pemain Uruguay itu memanfaatkan umpan terobosan dari pemain Brazil tersebut untuk mencungkil bola melewati kiper Javi Varas pada menit ke-27.

Barca sudah tidak diperkuat Gerard Pique karena sakit dan Sergi Roberto karena menjalani skors, ketika Javier Mascherano menderita cedera saat melakukan pemanasan, yang membuat pemain muda Marlon Santos dapat melakukan penampilan perdananya sebagai pemain inti.

Pemain internasional Prancis Lucas Digne dipilih untuk mengisi posisi bek kanan karena minimnya pilihan di sektor pertahanan, dan ia beresiko dikeluarkan pada awal pertandingan akibat tekelnya terhadap Jese, namun ia hanya diberikan kartu kuning.

Pedro Bigas mengemas gol ke gawang sang juara bertahan dengan meluncur untuk menyambar umpan silang dari Kevin-Prince Boateng pada menit ke-63, namun Neymar dengan cepat menghapus keraguan Barca dengan penyelesaiannya dari jarak dekat pada menit ke-67 dan 71.

Atletico Madrid mengunci spot otomatis ke Liga Champions meski hanya bermain imbang 1-1 dengan tuan rumah Real Betis, dan Sevilla dipastikan menghuni peringkat keempat dan mendapatkan tiket ke playoff kompetisi klub elit Eropa itu setelah Villarreal ditahan imbang oleh Deportivo La Coruna, yang memastikan mereka tidak terdegradasi.

Sporting Gijon terdegradasi meski menang 1-0 di markas Eibar, ketika tim kecil Leganes mengamankan hasil imbang 1-1 di kandang Athletic Bilbao yang memastikan mereka tetap berkompetisi di strata tertinggi Spanyol setelah promosi untuk pertama kalinya pada musim lalu.

Sporting akan bergabung dengan Granada dan klub juru kunci Osasuna, yang terdegradasi pada bulan lalu, di divisi kedua.(H-RF)