Menkes utamakan tenaga kesehatan ke luar negeri

id Nila Djuwita F. Moeloek, menkes, Konsil Kedokteran, tenaga kesehatan, bekerja ke luar negeri , Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, germas, kepala daerah,

Menkes utamakan tenaga kesehatan ke luar negeri

Nila Djuwita F. Moeloek (Antarasumsel.com/Feny Selly/Ang/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan pihaknya akan mengutamakan pengirim tenaga kesehatan ke luar negeri karena tenaga medis itu sangat dibutuhkan.

Bahkan luar negeri banyak minta akan tenaga kesehatan tersebut, kata Menkes saat berbicara pada rapat koordinasi nasional Konsil Kedokteran Indonesia di Palembang, Senin.

Apalagi tenaga kesehatan yang ada juga besar sehingga peluang bekerja ke luar negeri itu lebih banyak.

Bahkan setiap tahun lulusan tenaga kesehatan baik itu dokter, perawat termasuk tenaga medis lainnya sangat besar sehingga untuk menuju keluar negeri sangat besar.

Namun, lanjut dia, untuk memenuhi kebutuhan ke luar negeri itu perlu ditingkatkan kualitas tenaga kesehatan tersebut.

Apalagi persaingan cukup ketat terutama memasuki pasar bebas sekarang ini, ujar dia.

Menkes mengatakan, memang berdasarkan laporan tenaga kesehatan kualitasnya masih ada yang kurang bila bekerja ke luar negeri.

Oleh karena itu pihaknya terus meningkatkan mutu dari tenaga kesehatan tersebut, kata dia.

Lebih lanjut, dia mengatakan, sehubungan dengan itu melalui rapat koordinasi ini untuk menyelesaikan permasalahan yang ada selama ini.

"Yang jelas pihaknya mengutamakan semua tenaga kesehatan mutunya terus meningkat terutama bidang pelayanan," katanya menambahkan.