Sabtu, 21 Oktober 2017

Mukomuko usulkan kartu tani untuk seluruh petani

id petani, kartu tani, identitas bagi petani, pupuk subsidi, Jumadi
Mukomuko usulkan kartu tani untuk seluruh petani
Ilustrasi Petani di sawah. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/)
Mukomuko (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian setempat mengusulkan kartu tani untuk seluruh petani di daerah itu kepada pemerintah pusat.

"Kita usulkan kartu tani ini untuk seluruh petani setempat. Kartu ini berfungsi sebagai identitas bagi petani agar mudah mendapatkan pupuk subsidi," kata Kabid Penyuluhan Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Jumadi, di Mukomuko, Senin.

Ia mencatat, saat ini sebanyak 1.500 kelompok tani di daerah itu. Seluruh kelompok tani itu terdaftar dan aktif dalam melakukan aktivitas pertanian di daerah itu.

Ia menyatakan, mayoritas petani yang tergabung dalam 1.500 kelompok tani tersebut belum memiliki kartu tani.
   
"Saat ini penerapan kartu tani di Pulau Jawa. Kita berharap setelah ini diterapkan di daerah ini," ujarnya.  
Menurutnya, banyak manfaatkan kartu tani untuk petani, yakni mempermudah petani mendapatkan pupuk subsidi setelah petani menyerahkan rencana defenitif kebutuhan kelompok.

Selain itu, menurutnya, kehadiran kartu ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi daerah  dalam mencapai swasembada pangan di daerah tersebut.

Karena setelah petani memegang kartu tani ini, petani dengan mudah mendapatkan pupuk subsidi dan bantuan sarana produksi dari pemerintah.

"Kalau selama ini banyak petani setempat yang mengeluh karena tidak mendapatkan pupuk subsidi di kios resmi yang menjual pupuk subsidi," ujarnya.

Untuk selanjutnya, ia memastikan, tidak ada petani yang memegang kartu tani yang mengeluhkan sulitnya mendapatkan pupuk subsidi.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga