Dinas Kebersihan Palembang rencanakan modernisasi pengelolaan sampah

id sampah, modernisasi pengolahan sampah
Dinas Kebersihan Palembang rencanakan modernisasi pengelolaan sampah
Pemkot Palembang rencanakan modernisasi pengolahan sampah (Antarasumsel.com/17/Aziz Munajar)
Palembang (Antarasumsel.com) - Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota Palembang merencanakan modernisasi atau suatu perubahan tata pengelolaan sampah untuk mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

"Harus ada perubahan tampilan seperti penggunaan mobil pengangkut sampah yang canggih dan serba otomatis, pemasangan kotak sampah pinggir jalan modern, serta seragam tenaga pembersih jalan harus terlihat elit, persis negara Jepang atau Singapore," kata Sekretaris Dinas Kebersihan dan Keindahan (DKK) setempat, Mahboek di Palembang, Rabu.

Selain itu mencegah penumpukan sampah berlebih di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), pihaknya membutuhkan investor untuk pengadaan insenator atau alat yang bisa membakar sampah dalam jumlah banyak.

"Dengan modernisasi setidaknya pengelolaan sampah lebih enak terlihat, tidak justru menimbulkan bau dan rasa tidak nyaman selain memperbaiki perilaku masyarakat," kata Mahboek.

Ia mengatakan, rencana tersebut sedang dicanangkan oleh DKK dan tengah diusulkan ke pemerintah provinsi dan pusat agar segera difasilitasi.

Selain itu DKK juga membutuhkan bantuan armada pengangkut sampah dimana saat ini berjumlah 102 unit mobil dan 1.000 orang lebih pekerja yang dirasa masih kurang serta beberapa kondisinya memprihatinkan, katanya.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga