Kamis, 27 Juli 2017

Asosiasi pengusaha Sumsel maksimalkan KUR tanpa agunan

id kredit usaha rakyat, ukm, Kelompok Usaha, Lury Elza, M Ferrie
Asosiasi pengusaha Sumsel maksimalkan KUR tanpa agunan
Ilustrasi UKM di Sumsel Expo yang menampilkan potensi daerah Sumatera Selatan. (Antarasumsel.com/Fenny Selly)
Palembang (Antarasumsel.com) - Asosisasi Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sumatera Selatan akan memaksimalkan kredit usaha rakyat tanpa agunan, supaya pengusaha muda di daerah ini semakin banyak.

Pihaknya akan bekerja sama dengan perbankan dalam mengucurkan dana kredit usaha rakyat (KUR) tanpa agunan, kata Ketua Badan Pengurus Daerah Asosiasi Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera, Lury Elza saat sosialisasi KUR dan gerakan kewirausahaan nasional di Palembang, Rabu.

Ia mengatakan, pentingnya pinjaman uang tanpa agunan karena selama ini pengusaha kecil dan menengah masih terkendala pendanaan.

Padahal mereka memiliki usaha tetapi akibat kurangnya dana maka usaha kecil tersebut tidak dapat berkembang secara maksimal.

Oleh karena itu pihaknya akan memaksimalkan pinjaman dari perbankan yang diharapkan pengusaha muda dan pemula di daereah ini bermunculan, kata dia.

Dia mengatakan, pihaknya juga merencanakan membuat tempat penjualan usaha kecil dan menengah hingga di kelurahan dan pedesaan.

Bukan itu saja tetapi pihaknya menargetkan Palembang sebagai kota pengusaha, ujar dia.

Apalagi Palembang sebagai ibukota provinsi sehingga membutuhkan kerajinan khas daerah karena Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018, kata dia.

Ini berarti kerajinan khas atau cendera mata sangat dibutuhkan peserta Asian Games mendatang, sehingga perlu memberdayakan pengusaha di antaranya melalui pinjaman KUR, katanya.

Sementara M Ferrie dari Bank Artha Graha mengatakan, pihaknya sudah lama mengucurkan dana melalui KUR, terutama untuk pengusaha pemula termasuk menengah.

Pihaknya akan meminjamkan modal tanpa agunan, asal masyarakat memiliki usaha produktif, kata dia.

Namun, yang lebih utama lagi usaha itu ada keterangan dari kelurahan minimal sudah berjalan selama enam bulan, jadi dengan adanya syarat tersebut maka bisa mengajukan KUR, tambah dia.***3***

(T.U005/B/M033/M033) 17-05-2017 17:13:58

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga