Jumat, 22 September 2017

Timnas U-16 kembali menang di uji coba

id u-16, laga uji coba, timnas pelajar, Gothia China Cup, timnas indonesia
Timnas U-16 kembali menang di uji coba
Sejumlah pemain Timnas U-16 mengikuti latihan ketahanan fisik di Stadion Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta, Selasa (11/4/2017). Sebanyak 30 peserta yang lolos seleksi Timnas U-16 mengikuti latihan jelang berlangsungnya AFF U-15 di Thailand pada 9-22 Juli 2017. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/An
Jakarta (Antarasumsel.com) - Tim nasional U-16 kembali menang di laga uji coba setelah dalam pertandingan, Rabu, menaklukkan timnas pelajar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), yang disiapkan ke Gothia China Cup 2017, dengan skor 5-1.

Dipantau dari laman resmi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Jakarta, Rabu, dalam pertandingan yang digelar di Stadion Atang Sutresna, Cijantung, itu timnas mampu mencetak gol melalui Rendy Juliansyah (dua gol), Amirudin Bagus (dua gol) dan Mochammad Yudha Febrian.

Sebelumnya, timnas U-16 sudah menang di empat pertandingab uji coba itu masing-masing ketika berhadapan berhadapan dengan Villa 2000 U-17, Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) DKI Jakarta, PPLP Riau dan tim seleksi Liga Kompas Gramedia untuk Gothia Cup 2017 Swedia.

Namun, menurut pelatih timnas U-16 Fakhri Husaini, hasil akhir bukanlah segalanya di laga persahabatan. Yang penting, kata dia, adalah perkembangan empat aspek tim yaitu fisik, mental, teknik dan taktik.

"Dari semua aspek itu, saya lihat anak-anak telah menguasai dan mengalami peningkatan yang cukup signifikan," ujar Fakhri yang saat ini memiliki 27 pemain di skuat.

Selain itu, dia juga bersyukur lawan-lawannya bisa memberikan tekanan pada timnas asuhannya dalam pertandingan.

Sementara Ketua Departemen Tim Nasional PSSI Gede Widiade meminta para pemain tidak terlalu luas diri atas hasil-hasil uji coba yang sudah diraih.

"Saya tidak ingin para pemain puas dengan semua kemenangan dalam lima laga uji coba yang sudah dijalani. Saya berharap tim asuhan pelatih Fakhri benar-benar siap untuk pertandingan sesungguhnya, yaitu di level internasional," kata Gede.

Selanjutnya, timnas U-16 akan bertolak ke DI Yogyakarta dan melanjutkan pemusatan latihan (TC) di sana.

Salah satu agenda di sela TC tersebut adalah bertanding melawan Filipina pada Minggu, (21/5) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, lalu kemudian melawan tim muda PSS Sleman.

Timnas memilih untuk bertanding melawan Filipina karena negara itu memiliki para pemain dengan postur tubuh lebih tinggi daripada timnas.

Ini berguna sebab pada Kejuaraan AFF U-15 di Thailand, 9-2 Juli 2017, Indonesia bergabung di Grup A, salah satunya bersama Australia yang memiliki postur lebih tinggi dari rata-rata pemain Asia.

Selain dengan Negeri Kanguru, Indonesia juga bergabung dengan Thailand, Laos, Myanmar dan Singapura.

"Saya harapkan lawan membawa semua pemain naturalisasi mereka. Itu bagus buat kami, agar para pemain menyiapkan mental dan fisik mereka ketika nanti di AFF bertemu dengan Australia," tutur Fakhri.

Adapun selain AFF, timnas U-16 juga akan bertanding di kualifikasi menuju Piala Asia U-16 2018 pada 16-24 September 2017. Di kompetisi itu, anak-anak asuh Fakhri Husaini menghuni Grup G bersama Laos, Timor Leste, Kepulauan Mariana Utara dan Thailand sebagai tuan rumah.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga