Jumat, 23 Juni 2017

Tiga unit Patkamla perkuat armada TNI AL

id kapal patroli, patkamla, PT Rizquna Energy Persada, Pangkalan TNI AL
Tiga unit Patkamla perkuat armada TNI AL
Ilustrasi Kapal perang TNI AL. (Antarasumsel.com/Feny Selly)
Surabaya (Antarasumsel.com) - Tiga unit kapal patroli keamanan laut (patkamla) siap memperkuat armada Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut setelah diserahterimakan PT Rizquna Energy Persada kepada Asisten Logistik Kepala Staf  TNI AL (Kasal) Laksamana Muda TNI Mulyadi.

"Tiga unit patkamla ini tipe 12 M merupakan hasil pengadaan program Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan Tahun 2016," katanya di sela-sela serah terima yang berlangsung di Gedung Satuan Pemeliharaan Material, Komando Armada Republik Indonesia Wilayah Timur (Koarmatim), Surabaya, Kamis.

Dia mengatakan, ketiga unit patkamla itu akan memperkuat jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) baik di wilayah barat maupun wilayah timur.

Tiga unit patkamla tersebut masing-masing adalah Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Ismoyo, yang menurut Mulyadi, selanjutnya diserahkan ke Komandan Lanal Malang.

"Selain itu KAL Minca kami serahkan kepada Komandan Lanal Simeulue dan KAL Pulau Sugi diserahkan kepada Komandan Lanal Tanjung Balai Karimun," katanya.

Dengan bertambahnya unsur patroli TNI AL itu, dia berharap, secara langsung akan menambah kemampuan patroli pangkalan TNI AL dalam menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia, khususnya sebagai sarana patroli terbatas di lingkungan Lanal.

"Tiga unit patkamla ini dibangun sesuai dengan kriteria pembangunan kapal secara prosedural serta diawasi oleh tim pengawas dan biro klasifikasi," ujarnya.

Dengan begitu dia memastikan tiga unit kapal Patkamla yang telah selesai dibangun memiliki tingkat kesiapan (readiness) dan kecakapan (sustainability) yang tinggi.

"Tiga unit patkamla 12 M dapat dioperasikan secara maksimal untuk mewujudkan TNI AL yang handal, disegani serta berkelas dunia," katanya.

Kepada satuan TNI AL penerima, Mulyadi mengimbau agar terus memonitor kondisi teknis ketiga patkamla tersebut terkait dengan jaminan pemeliharaan yang diberikan oleh PT Rizquna Energy Persada.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga