Harga kentang naik jelang Ramadhan

id kentang, harga kentang, pedagang, pasar tradisional, penurunan daya beli, konsumen
Harga kentang naik jelang Ramadhan
Penjual sayuran tengah menyusun dagangannya di Pasar.(Antarasumsel.com/Feny Selly/Aw)
Pangkalpinang (Antarasumsel.com) - Harga kentang di pasar tradisional di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung naik menjadi Rp16.000 per kilogram menjelang Ramadhan.

"Harga kentang merangkak naik di kisaran Rp16.000 dari sebelumnya Rp12.000 dan harga normal hanya Rp8.000 per kilogram," kata Ujang, salah seorang pedagang di Pasar Pagi Pangkalpinang, Kamis.

Ia menyebutkan, kenaikan harga kentang berpengaruh terhadap penurunan daya beli konsumen dan omsetnya.

"Kenaikan harga kentang yang drastis baru terjadi tahun ini. Pada Ramadhan tahun lalu tidak seperti ini. Tahun lalu paling mahal Rp12.000," ujarnya.

Menurut Ujang, kenaikan harga sudah berlangsung sejak beberapa hari terakhir. Ia memprediksi harga akan terus naik menjelang Idul Fitri.

"Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, setiap menjelang Lebaran harga bahan pokok dan sebagainya pasti mengalami kenaikan termasuk kentang," ujarnya.

Kenaikan juga terjadi pada komoditas wortel dan cabai. Harga wortel naik menjadi Rp21.000 dari sebelumnya Rp12.000 per kilogram, sedangkan harga cabai rawit menjadi Rp120.000 dan cabai merah besar Rp35.000 per kilogram," jelasnya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga