Ayah Edy: Pendidikan harus di bangun dari keluarga

id Edy Wiyono, ayah edy, keluarga, pendidikan, perkembangan anak

Ayah Edy: Pendidikan harus di bangun dari keluarga

Ilustrasi . (Antarasumsel.com/Feny Selly)

Singaraja (Antarasumsel.com) - Praktisi pendidikan Indonesia, Edy Wiyono atau lebih dikenal dengan Ayah Edy menyatakan bahwa pendidikan harus dibangun dari keluarga sebagai lingkungan awal perkembangan anak.

"Keluarga harus memberikan pendidikan dalam artian sebenarnya kepada anak-anak mereka," kata Ayah Edy ketika menghadiri upacara kelulusan sekolah yang dirintisnya di Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng, Sabtu.

Ia mengatakan, selama ini kebanyakan masyarakat memiliki persepsi bahwa pendidikan hanya berurusan dan sekolah semata, tidak ada kaitannya dengan keluarga.

Hal tersebut menurutnya persepsi salah karena seharunya dimana keluarga memberikan wadah pembelajaran paling penting dalam membentuk karakter dan sikap anak itu sendiri.

"Selama ini pendidikan kita di Indonesia hanya diserahkan kepada guru-guru di sekolah, padahal sebagian besar waktu siswa berada di rumah," terangnya.

Ia berpendapat, para orang tua sebenarnya harus memiliki konsep pendidikan yang benar kepada anak-anaknya.

"Itulah mengapa di sekolah kami yang belajar itu bukan hanya anak, tetapi juga orang tua mereka. Orang tua dididik bagaimana memberikan contoh baik kepada anaknya serta memberikan bimbingan yang terarah dalam hal pengembangan bakat dan sikap anak," terangnya.

Dalam konteks nyata, kata Ayah Edy, banyak yang mengeluh mengapa setelah disekolahkan, anak mengalami banyak perubahan pada sikap, semisal saja mengarah pada perilaku kurang baik jika dibandingkan dengan sebelum mereka bersekolah.

"Alasannya adalah bahwa orang tua hanya berusaha menyerahkan pendidikan anak kepada sekolah, sedangkan mereka tidak mau berubah kepada sikap yang benar. Pendidikan di sekolah juga hanya sebatas mengajarkan intelektual semata, tanpa mengajarkan pentingnya sikap dan tata krama," demikian Ayah Edy.