Senin, 25 September 2017

Menristekdikti: Perguruan tinggi akreditasi "A" tujuh persen

id Mohamad Nasir, perguruan tinggi, akreditasi universitas, a
Menristekdikti: Perguruan tinggi akreditasi
Mohamad Nasir (ANTARA /M Agung Rajasa)
Medan (Antarasumsel.com) - Perguruan Tinggi Negeri di Tanah Air yang memiliki akreditasi "A" hanya baru mencapai tujuh persen, dan angka tersebut jauh dari yang diharapkan oleh Pemerintah.

Hal tersebut dikatakan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, ketika membuka Pertemuan Rektor dan Wakil Rektor LPTK Negeri se - Indonesia, di Medan, Sabtu.

Pada pertemuan tersebut, dihadiri 12 perguruan tinggi negeri, beberapa diantaranya, Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Negeri Yogyakarta (UNJ), Universitas Negeri Surabaya (UNS), Universitas Negeri Padang (UNP) dan Universitas Negeri Makassar (UNM).

Menteri berharap Universitas yang memperoleh akreditasi A itu, dapat lebih ditingkat lagi jumlahnya, karena hal ini sangat menentukan minat siswa lulusan SMA untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi tersebut.

"Selain itu, perguruan tinggi yang belum mencapai akreditasi A, perlu menjadi perhatian serius bagi rektor untuk meningkatkan status universitas tersebut," ujar Nasir.

Ia menyebutkan, Universitas yang memiliki akreditasi B, untuk dinaikkan ke akreditasi A, dan dalam hal ini Kemenristekdikti siap memberikan pendampingan, serta mengarahkan persyaratan yang diperlukan.

Kemenristekdikti juga akan memberikan bimbingan kepada perguruan tinggi yang meningkatkan status akreditasi.

"Hal tersebut merupakan tugas dan tanggung jawab Kemenristekdikti mengarahkan perguruan tinggi untuk mendapatkan akreditasi yang lebih baik, dan selama ini menjadi dambaan," ucap Menteri.

Nasir menambahkan, jumlah perguruan tinggi yang memiliki akreditasi B, mencapai 35 persen, perguruan tinggi memperoleh akreditasi C, sebanyak 23 persen, dan perguruan tinggi yang belum terakreditasi mencapai 35 persen.

Rektor selaku pimpinan di Universitas tersebut harus memiliki komitmen untuk meraih akreditasi tertinggi, yakni akreditasi A, sesuai dengan program pemerintah meningkatkan mutu pendidikan tinggi itu.

"Diharapkan, seluruh Perguruan Tinggi Negeri dapat meraih akreditasi A, karena hal ini menjadi perhatian bagi pemerintah, dan juga negara-negara dunia," kata Menristekdikti.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga