BMKG: Gelombang perairan pangkalpinang 1,5-2,0 meter

id gelombang , bmkg, kawasan perairan, jalur penyeberangan, bangka belitung

BMKG: Gelombang perairan pangkalpinang 1,5-2,0 meter

Ilustrasi Gelombang tinggi (ANTARA FOTO/Rahmad)

Pangkalpinang (Antarasumsel.com) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang merilis potensi gelombang maksimum setinggi 1,5-2,0 meter yang berpeluang di kawasan perairan dan juga di jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Menurut prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Nur Setiawan, Sabtu, gelombang maksimum setinggi itu berpotensi terjadi pada Minggu (21/5) dan harus diwaspadai.

Gelombang maksimum setinggi 1,5-2,0 meter diprakirakan berpeluang terjadi di kawasan utara dan selatan Pulau Bangka dan juga di Selat Karimata.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka dan Selat Gelasa diprakirakan antara 0,25 sampai 0,5 meter, di kawasan selatan Pulau Bangka antara 0,25 sampai 0,75 meter, sedangkan di kawasan utara Pulau Bangka dan di Selat Karimata antara 0,5 hingga 1,0 meter.

Hanya saja ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan sehingga para pengguna jasa angkutan laut dan juga para nelayan diimbau agar senantiasa meningkatkan kehati-hatian.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan sepanjang Minggu diprakirakan berkisar antara 8 hingga 35 kilometer per jam yang rata-rata bertiup dari Timur ke Selatan.

Pada kesempatan itu BMKG Pangkalpinang juga mengimbau masyarakat di pesisir pantai agar mewapadai ketinggian pasang air laut maksimum yang diprakirakan dapat mencapai 2,28 meter di pantai Sungailiat kabupaten Bangka dan 2,23 meter di pantai Membalong Kabupaten Belitung.

Sementara itu di pesisir pantai Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,75 meter, di Muntok Kabupaten Bangka Barat 1,16 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,33 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,37 meter dan di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,41 meter.

Mengingat pasang air laut yang cukup tinggi BMKG mengimbau masyarakat yang bermukim di kawasan pesisir untuk tidak memaksakan diri beraktivitas di pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas.

Pada bagian lain Nur Setiawan menyebutkan, secara umum cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung cerah berawan dengan peluang hujan lokal di sejumlah wilayah terutama pada siang hari di kawasan muntok, Pangkalpinang, Koba, Sungai Selan, Toboali, Tanjangpandan dan Mangar.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 24-32 derajat celsius dan kelembaban udara 65-95 persen.