Timnas U-16 siap lakoni dua pertandingan sekaligus

id timnas, U-16, Liga Kompas Gramedia, sepak bola, pertandingan uji coba

Timnas U-16 siap lakoni dua pertandingan sekaligus

Ilustrasi Sejumlah pesepak bola Timnas Indonesia mendapat menjalani sesi latihan.(ANTARA FOTO/Lucky R./Ang/kye)

Sleman (Antarasumsel.com) - Pelatih Tim Nasional di bawah usia 16 tahun Fakhri Husaini menyatakan anak asuhnya siap melakoni dua pertandingan uji coba sekaligus melawan Timnas U-16 Filipina dan Tim U-17 PSS Sleman pada 21 Mei 2017.

"Anak-anak siap bermain dalam dua pertandingan di hari yang sama yang digelar di Stadion Internasional Maguwoharjo Sleman. Mereka masih anak-anak disuruh main bola dari pagi sampai melam hari pun mereka tetap senang," kata Fakhri saat konferensi pers di Sleman, DIY, Sabtu.

Timnas U-16 yang dipersiapkan mengikuti Piala AFF dan AFC ini akan melakukan laga uji coba melawan Timnas U-19 Philipina dan tim lokal PSS Sleman U-17 sekaligus.

Pertandingan melawan Timnas Philiupina U-16 digelar pada pukul 16.00 WIB dengan waktu 2X45 menit, sedangkan melawan PSS Sleman U-17 dilangsungkan pada pukul 19.00 WIB juga berlangsung selama 2X45 menit.

"Anak-anak sudah biasa main dalam dua perrtandingan, bahkan saat uji coba melawan tim-tim lokal pertandingan juga dilaksanakan selama dua kali dengan jedah waktu anatara pertandingan pertama dan ke dua hanya 15 menit saja," katanya.

Ia mengatakan, untuk menghadapi dua pertandingan sekaligus ini dirinya telah menyiapkan fisik para pemain dan strategi untuk tim.

"Nanti dalam dua laga uji coba tersebut akan ada empat slot pergantian pemain dengan kuota pemain pengganti sebanyak delapan orang. Kami akan coba atur strategi dan menentukan pemain, termasuk pemain penggantinya," katanya.

Fakhri mengatakan, laga uji coba melawan Timnas U-16 Philipina ini merupalan uji coba internasional yang pertama kali, dari tiga rencana uji coba yang akan dilakukan.

"Memang untuk pertandingan uji coba internasional ini ada beberapa kendala dalam mencari lawan, namun yang sudah pasti setelah ini kami akan uji coba juga melawan Timnas U-16 Singapura. Kemungkinan pertandingan akan dilangsungkan di Bantul, Yogyakarta," katanya.

Ia mengatakan, untuk laga ini anak asuhnya sudah menjalani latihan sejak empat bulan lalu. "Termasuk sebagai persiapan menghadapi Piala AFF dan kualifikasi AFC," katanya.

Kapten Timnas U-16 Indonesia Briliyan Algama mengatakan dalam laga uji coba ini diharapkan bisa bermain baik dan suportif.

"Ini menjadi pengalaman bagi kami, kami akan bermain sebaik-baiknya," katanya.

Sedangkan pelatih Timnas U-16 Philipina Chieffy Caligdong berharap besok bisa menyajikan penampilan terbaik.

"Adalah sebuah kehormatan dan berkah bisa bertemu tim Indonesia dalam kesempatan pertama, ini persiapan utk AFF dan AFC," katanya.

Menurut dia, Indonesia punya tradisi selalu memiliki tim yang kuat, terutamanya tim muda, pengalaman saat bertemu Indonesia, Indonesia selalu bermain bagus.

"Tim Indonesia dapat bermain bagus saat didukung suporter yang fanatik," katanya.