Senin, 26 Juni 2017

Presiden Jokowi terima Raja Swedia di Bogor

id joko widodo, jokowi, raja swedia, Iriana Joko Widodo, Ratu Silvia, Carl XVI Gustaf
Presiden Jokowi terima Raja Swedia di Bogor
Raja Swedia, Carl XVI Gustaf . (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)
Bogor (Antarasumsel.com) - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menerima kunjungan Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia di Istana Bogor, Senin.

Raja dan Ratu Swedia berkunjung ke Indonesia pada 22-24 Mei 2017 dan akan mengunjungi tiga kota yaitu Jakarta, Bogor dan Bandung.

Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia disambut dengan tembakan meriam dan upacara penyambutan kenegaraan.

Di Istana Bogor, Presiden dan Ibu Negara menemani Raja dan Ratu Belgia melihat replika patung "The Hand of God" yang dibuat pemahat Swedia Carl Milles sebagai hadiah dari pemerintah Swedia kepada pemerintah Indonesia pada 1957.

Kedua kepala negara juga menyaksikan penandatangan nota kesepahaman atau "Memorandum of Understanding"(MoU) mengenai Kerja Sama Transportasi, termasuk mengenai navigasi udara dan bandara.

Presiden Joko Widodo dalam pertemuan tersebut memberikan Bintang Adipurna Republik Indonesia kepada Raja Carld Gustaf sementara Raja Swedia menganugerahkan penghargaan "Order of Seraphim" kepada Presiden Joko Widodo.

Dalam delegasi Raja dan Ratu Swedia tersebut juga didampingi oleh Menteri Infrastruktur Anna Johansson dan 31 perusahaan.

Pada hari kedua, Raja Carl dan Ratu Silvia akan berpartisipasi dalam acara "Hackhaton" untuk membantu memperbaiki situasi lalu lintas Jakarta dan peresmian Forum Bisnis Eksekutif Indonesia-Swedia (ISEF) yang berfokus pada digitalisasi, infraskturktur dan kualitas hidup dan dilanjutkan dengan kunjungan ke pusat lalu lintas kapal di Indonesia Port Cooperation (IPC) Tanjung Priok.

Setelah itu, Raja Carl dan Ratu Silvia diundang makan siang dengan Plt Gubernur Jakarta Djarot Syaiful Hidayat di kota Tua dan mengikuti seminar mode dan kreativitas serta melihat lapangan perupustakaan masyarakat di Manggarai. Keduanya juga dijadwalkan ikut serta "roundtable disucssion" dengan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise.

Pada hari yang ketiga Raja Carl dan Ratu Silvia berangkat ke Bandung dengan menggunakan kereja api dan bertemu dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, berkunjung ke Museum Asia-Afrika dan Persib Bandung.

Rombongan juga menyaksikan penandatanganan MoU portal Linkedin Swedia-Indonesia Connect untuk menghubungkan alumni dengan perusahaan Swedia Indonesia serta mengikuti seminar model "triple helix" di ITB.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga