MUI Jambi imbau masyarakat tidak konsumtif

id mui, Majelis Ulama Indonesia, ormas islam, taat atran, patuhi peraturan, budaya konsutif, membeli terus

MUI Jambi imbau masyarakat tidak konsumtif

Majelis Ulama Indonesia-MUI (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Jambi (Antarasumsel.com) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Jambi mengimbau masyarakat khususnya umat Islam di daerah itu tidak berperilaku konsumtif selama bulan Ramadhan 1438 Hijriah.

"Berbelanja kebutuhan sesuai kebutuhan saja dan juga berbuka puasa jangan berlebihan, karena bulan puasa bukan hanya menahan lapar dan saja, tapi juga menahan hawa nafsu," kata Ketua MUI Kota Jambi  Tarmizi Sibawaihi di Jambi, Selasa.

Sikap dan perilaku konsumtif, kata dia, harus bisa dihindari saat bulan suci Ramadhan karena biasanya saat dan telah memasuki bulan tersebut masyarakat berbelanja makanan dengan porsi berbeda dibandingkan hari biasa.

"Dengan membeli keperluan sehari-hari harus disesuaikan dengan kebutuhan, membeli kebutuhan secara berlebihan pada akhirnya akan dapat memicu kenaikan harga," katanya.

Selain itu, pihaknya mengimbau masyarakat supaya teliti dan lebih pintar memilih dalam membeli bahan makanan dan juga santapan untuk berbuka dan makan sahur.

"Berbuka dan bersantap sahur dengan makanan yang sehat dan halal, jadi masyarakat agar lebih cerdas memilih produk ataupun bahan makanan," katanya.

Dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang penuh dengan berkah itu, pihaknya juga meminta  masyarakat antarumat beragama agar saling menjaga ketentraman dan menghargai muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

"Umat Islam yang mampu juga diimbau untuk meningkatkan amal sosial dengan membantu atau bersedekah kepada orang yang tidak mampu," kata Tarmizi.