Palembang siap selenggarakan Asian Games 2018

id asian games, palembang siap

Palembang siap selenggarakan Asian Games 2018

Palembang siap selengarakan Asian Games 2018 (Antarasumsel.com/Susilawati/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Kota Palembang siap untuk menyelenggarakan kegiatan berskala internasional seperti Asian Games tahun 2018, karena sudah pernah melaksanakan pesta olahraga internasional.

"Kita sangat beruntung, karena pernah mengadakan pesta olahraga berskala besar seperti PON, SEA Games, Asean Solidarity Games," kata Pengamat Hukum dan Politik dari Unsri, Al Fitri pada seminar bersama harian koran Suara Nusantara dengan tema membedah kesiapan menghadapi Asian Games 2018 di Palembang, Rabu

Menurut dia, Kota Palembang juga sudah pengalaman dari segi infrastruktur yang pembangunannya dikebut dengan persiapan cukup matang.

"Ini adalah pengalaman sosial, kita harus bangga dengan Palembang yang memiliki Jakabaring Sport City terlengkap di Nusantara," katanya.

Ia mengatakan, kondisi masyarakat Palembang sudah teruji dengan menerapkan konsep masyarakat terbuka, karena warganya menerima wisatawan yang datang.

Selain masyarakatnya tertib, juga santun dengan keramah tamahannya, ujarnya.

Secara sosial Palembang sudah siap, namun faktor budaya masih belajar dengan smart digital seperti penggunaan LRT, masyarakat awam harus banyak belajar untuk perkembangan setelah Asian Games nantinya.

"Kita harus mengoptimalisasikan semuanya serta mendorong masyarakat Palembang di semua level, karena akan mengalami perubahan budaya ke era digital," tuturnya.

Sementara Dekan Fakultas Hukum Unsri, Febrian mengatakan, suka atau tidak suka kesiapan dari suatu kegiatan harus dilihat dari kepala daerahnya, baik dari bupati, wali kota dan gubernur. Namun semuanya harus konsisten dengan programnya dan berdampak kepada masyarakat.

Ia menuturkan, demi menyambut Asian Games infrastruktur harus siap untuk para tamu undangan seperti fasilitas air, penerangan termasuk pengamanan.

Pemerintah harus menyiapkan sumber air yang siap minum bukan siap pakai, ini dianggap penting, karena air bersih sangat dibutukan di kehidupan sehari-hari. Ini hanya contoh kecilnya saja, tuturnya.

Ia menyampaikan, gerakan shalat shubuh berjamaah dan gotong royong, demi penyelenggaraan Asian Games bisa meningkatkan suatu pendewasaan kepada masyarakat.

Jadi, Kota Palembang sudah siap menyelenggarakan kegiatan sekelas Asian Games, karena program pemerintahnya yang menyentuh langsung kepada masyarakat, namun ini harus dilakukan dengan konsisten guna menghindari kekeliruan saat mendekati penyelenggaraannya nanti, katanya.