Kamis, 19 Oktober 2017

Pengamat: Masyarakat Palembang teruji gelar kegiatan bersar

id Prof Al-Fitri, penyelenggaraan kegiatan besar, Asian Games 2018, masyarakat digital
Pengamat: Masyarakat Palembang teruji gelar kegiatan bersar
Asian Games 2018 (Foto Antarasumsel.com/Grafis/Ang)
Palembang (Antarasumsel.com) - Guru Besar Sosiologi Universitas Sriwijaya, Prof Al-Fitri menilai masyarakat Kota Palembang sudah amat teruji dalam memberi dukungan setiap penyelenggaraan kegiatan besar berskala nasional dan internasional.

"Masyarakat Palembang cukup teruji karena memiliki konsep terbuka, tertib, dan cerdas," kata Al-Fitri di Palembang, Jumat menanggapi kesiapan Kota Palembang dalam penyelenggaraan Asian Games 2018.

Ia menjelaskan, masyarakat Kota Palembang sudah terbuka dan bisa menerima perbedaan etnis, jadi tidak perlu ada kekhawatiran bahwa akan terjadi pergesekan ketika penyelenggaraan Asian Games yang melibatkan keberagaman etnis dari 45 negara peserta.

Berikutnya, masyarakat Kota Palembang juga sudah memiliki konsep tertib, walaupun secara kasat mata masih banyak warga kurang disiplin, akan tetapi mereka tetap tunduk pada peraturan-peraturan yang berlaku.

Terakhir, konsep cerdas, yakni masyarakat Kota Palembang sudah bisa mengikuti isu-isu global, utamanya isu lingkungan sebagaimana masyarakat kota-kota besar lainnya di dunia.

Menurut dia, ketiga konsep tersebut perlu didorong dan dioptimalkan untuk terciptanya masyarakat digital, yaitu dominasi sentuhan teknologi modern dalam kehidupan masyarakat yang meningkatkan level dari standar ke digital.

Apalagi dengan kemajuan teknologi transportasi yang saat ini tengah dibangun, pasti mau tidak mau masyarakat Kota Palembang akan merasakan bagaimana menjadi warga kota-kota besar di dunia, dan harus siap, lanjutnya.

Sementara itu pengamat hukum Tata Negara Universitas Sriwijaya (Unsri), Dr Febrian mengatakan dalam menuju konsep masyarakat cerdas, faktor keteladanan pemimpin daerah berpengaruh banyak.

Ia mencontohkan, program gerakan gotong-royong dan safari sholat subuh berjemaah Wali Kota Palembang Harnojoyo saat ini harus diakui mampu menggairahkan masyarakat untuk menjadi cerdas.

Menurutnya, inti gerakan tersebut adalah upaya bersama untuk menciptakan kondisi tertib, nyaman dan aman menjelang Asian Games 2018.

Selain itu isu kriminal yang masih tinggi di Kota Palembang harus ditangkap oleh pemerintah dan kepolisian untuk lebih memperkuat sinergi dan koordinasi.

Prof Al Fitri menambahkan, dalam menciptakan masyarakat cerdas, perlu upaya mendidik dengan salah satu caranya menggunakan hukum sebagai instrumen untuk memunculkan perilaku-perilaku kesadaran masyarakat.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga