Rumah tahanan Baturaja pindahkan 40 narapidana

id napi, tahanan, pemondahan napi, rutan baturaja, melebihi kapasitas, Herdianto

Rumah tahanan Baturaja pindahkan 40 narapidana

Ilustrasi . (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/dol/17)

Baturaja (Antarasumsel.com) - Rumah Tahanan Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, melakukan pemindahan sebanyak 40 narapidana karena rutan tersebut kelebihan penghuni.

"Pemindahan sebanyak 40 narapidana itu karena penghuninya sudah melebihi kapasitas," kata Kepala Rutan setempat, Herdianto di Baturaja, Jumat.

Ia menjelaskan, narapidana yang dipindahkan itu terdiri atas 30 wanita dan tujuh laki-laki serta tiga anak-anak.

"Kapasitas Rutan Baturaja seharusnya hanya bisa menampung narapidana sebanyak 226 orang, namun sekarang isinya mencapai 426 orang atau sudah `overload`," ujar Herdianto.

Dia menjelaskan, pengawalan untuk pemindahan tersebut dibantu dari Polres OKU dan petugas dari internal Rutan Baturaja. Sementara untuk kendaraan dipinjam dari Kejaksaan Negeri Baturaja.

"Pemindahan itu kita bagi, yakni untuk dewasa kita kirim ke Lapas klas 1 Palembang, anak-anak ke LPKA Palembang dan untuk wanita ke Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Palembang," katanya.

Menurut Herdianto, pemindahan dilakukan guna mengurangi kelebihan kapasitas di Rutan Baturaja.

"Selain pemindahan ke lapas lain untuk mengurangi kelebihan kapasitas, kita juga akan lakukan upaya antara lain pemberian remisi apalagi ini sebentar lagi Idul Fitri. Tapi dalam pemberian itu kami tetap mengedepankan aturan baik persyaratan administrasi dan substantifnya harus lengkap serta mereka harus berkelakuan baik selama berada di Rutan Baturaja," tegasnya.

Selain masalah kapasitas, pihaknya selama ini juga sangat kekurangan petugas serta sarana pengamanan seperti CCTV. Rutan Baturaja belum ada sama sekali.

"Kami sudah ajukan permintaan ke Pemkab OKU dan ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan tapi belum turun. Untuk Pemkab OKU sendiri bupati baru bisa menganggarkan tahun 2018. Untuk itu saya sangat berterimakasih atas dukungan yang diberikan tersebut," katanya.